Pilkada Sumut

Jemput Surat Suara dari TPS Terdekat, Pemilih Pakai e-KTP Akhirnya Bisa Memilih

Puluhan masyarakat Jalan Air Bersih, Kelurahan Batang Beruh, Sidikalang yang hendak memilih di TPS 18 menggunakan

Jemput Surat Suara dari TPS Terdekat, Pemilih Pakai e-KTP Akhirnya Bisa Memilih
kompastv
Pilkada Serentak 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Puluhan masyarakat Jalan Air Bersih, Kelurahan Batang Beruh, Sidikalang yang hendak memilih di TPS 18 menggunakan e-KTP dan sempat terlantar karena kekurangan surat suara akhirnya bisa menggunakan hak politiknya.

Agar masyarakat tetap dapat menggunakan hak suaranya, ketua KPPS TPS 18 bersama Panwas, saksi para paslon dan aparat kepolisian kemudian berinisiatif mendatangi TPS terdekat yang masih memiliki sisa surat suara.

Dan akhirnya mereka berhasil mendapatkan 37 surat suara, masing-masing untuk Pilbub Dairi dan Pilgub Sumut 2018.

"Terhadap kekurangan surat suara sudah diambil di TPS terdekat dengan disaksikan panwas, saksi dan kepolisian. Sehingga masyarakat yang datang dengan membawa e-KTP tetap bisa memilih," kata Pimpinan Panwaslih, Mariamah Angkat, Rabu (27/6/2018) yang datang langsung ke TPS 18, Kelurahan Batang Beruh, Dairi.

Ia pun menjelaskan meski waktu sudah menunjukkan lebih dari pukul 13.00 WIB, masyarakat tersebut tetap dapat memilih, karena puluhan masyarakat tersebut sudah mendaftar ke petugas KPPS pada pagi tadi.

"Orang yang sudah mengisi pendaftaran sebelum jam 12 tetap bisa melakukan pemungutan walau sudah lewat pukul 13," sebutnya.

Sebelumnya puluhan masyarakat di TPS 18 Jalan Air Bersih, Kelurahan Batang Beruh, Sidikalang yang datang membawa e-KTP karena tidak mendapat C-6 terancam tak bisa menggunakan hak suaranya setelah petugas KPPS menyatakan surat suara habis.

Mengetahui hal itu membuat masyarakat protes dan mendesak petugas KPPS agar mengakomodir mereka untuk tetap dapat memilih di Pilbub Dairi dan Pilgub Sumut 2018.

(cr8/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved