Pilkada Serentak

Menohok, Kemenangan Pilgub 58,8 Persen NasDem dan PAN Keokkan PDI-P, PKS, Gerindra dan Golkar

Sebanyak 10 pasangan calon yang diusung oleh Nasdem berdasarkan hitung cepat pemilihan gubernur dan wakil gubernur

Menohok, Kemenangan Pilgub 58,8 Persen NasDem dan PAN Keokkan PDI-P, PKS, Gerindra dan Golkar
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah termasuk pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang diusung oleh Partai NasDem 

TRIBUN-MEDAN.com - Sebanyak 10 pasangan calon yang diusung oleh Nasdem berdasarkan hitung cepat pemilihan gubernur dan wakil gubernur dari 17 provinsi yang menyelenggarakan pilkada terbukti ampuh dan meraih kemenangan.

Tak tanggung-tanggung persentase prestasi kemenangan dari partai besutan Surya Paloh ini meduduki prestasi kemenangan cukup tinggi yakni 58,8 persen.

Angka ini menyamai perolehan Partai Amanat Nasional (PAN),  58,8 persentase, juga menang pada 10 provinsi.

Adapun 10 pasangan calon yang diusung NasDem yang menang versi hitung cepat yakni di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua, Sumatera Utara, Sulawesi Tenggara, Riau, Kalimantan Barat, dan Sumatera Selatan. Khusus di Sumatera Selatan, hasil hitung cepat di dua lembaga survei berbeda tipis.

Tak hanya itu tiga cagub yang diusung Partai NasDem di Pulau Jawa juga menang berdasarkan hasil quick count dari berbagai lembaga.

Baca: Edy Berharap Tidak Ada Jurang di Masyarakat Pascapemungutan Suara, Minta Kawal Program 100 Hari

Baca: Edy Rahmayadi: Siapa Kau? Memangnya Mau Apa Kau? Mainlah Kita? Gini Respons Pendukungnya

Calon gubernur-calon wakil gubernur yang diusung PAN bersama koalisi menang di 10 provinsi. Ke-10 provinsi tersebut adalah, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lamung, Riang, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua.

Kemenangan pasangan yang diusung oleh NasDem ini cukup mengejutkan, pasalnya mengalahkan partai yang telah mapan semisal Golkar dan PDI Perjuangan.

Jika persentase kemenangan Golkar 52,94 persen, maka PDI-P paling terpuruk yakni hanya memperoleh 23,5 persen. 

Pasangan yang diusung oleh PDI-P hanya menang di empat daerah masing-masing di Jawa Tengah, Bali, Sulawesi Selatan dan Maluku.

Halaman
12
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved