Pilgub Sumut

Konsul Amerika Puji Pilkada Serentak di Sumut, Berharap Kondisi Keamanan Tetap Terjaga

Ini adalah salah satu bentuk semangat demokrasi dan yang menarik adalah keberagaman pilihan yang bersinggungan dengan isu-isu Suku dan SARA

Konsul Amerika Puji Pilkada Serentak di Sumut, Berharap Kondisi Keamanan Tetap Terjaga
TRIBUN MEDAN/SATIA
Pj Gubernur Sumatera Utara Eko Subowo saat dibertemu┬áPrincipal Officer Konsulat Amerika Serikat di Medan, Juha P Salin, Kamis (28/6/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Satia

TRIBUNMEDAN.com, MEDAN- Principal Officer Konsulat Amerika Serikat di Medan, Juha P Salin menyampaikan, ketertarikannya terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Sumatera Utara (Sumut). Juga memuji pesta demokrasi yang berlangsung aman dan kondusif.
 

Hal itu disampaikan Juha P Salin ketika bertemu Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Eko Subowo, Kamis (28/6/2018)  di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan.

“Suatu kebanggan tersendiri bagi saya bisa mengikuti dan mengamati proses demokrasi di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara," kata Juha sesuai  rilis yang diterima tribun medan, Kamis (28/6/2018).

Apalagi, kata Juha, Pilkada tahun ini termasuk Pilkada terbesar yang terjadi di Indonesia. Ini adalah salah satu bentuk semangat demokrasi dan yang menarik adalah keberagaman pilihan yang bersinggungan dengan isu-isu Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan (SARA).

"Tetapi, tidak mempengaruhi semangat persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat,” terangnya.

Berbicara tentang proses demokrasi di Amerika, Juha menilai tidak banyak perbedaan signifikan antara Indonesia dan Amerika. Isu SARA pun senantiasa ada.

“Cukup mirip prosesnya dengan kita di Amerika, khususnya yang terjadi saat ini di Sumut, ada dua pasang kandidat yang sangat kuat, persaingan intens dan ketat seperti yang selalu terjadi di Amerika. Hal yang cukup berbeda hanya pada sistem dan terkait teknis pemilihan,” jelasnya.

Baca: Dua Polisi dan Camat Tewas Diberondong KKSB usai Pencoblosan Pilkada, Ini Kronologinya

Juha berharap suasana kondusif dan damai juga akan tetap terjaga setelah hasil Real Count dari pihak resmi dikeluarkan.

Dalam kesempatan itu, Juha pun menyampaikan duka mendalam terhadap peristiwa tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba.

Halaman
12
Penulis: Satia
Editor: Joseph W Ginting
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved