Home »

Sumut

Sistem PPDB Online Ada Jalur Zonasi, Calon Siswa Dekat Sekolah Punya Peluang

Proses penerimaan peserta Didik baru (PPDB) untuk SMA dan SMK se-Sumatera Utara yang dilakukan secara online kini telah memasuki hari ketiga

Sistem PPDB Online Ada Jalur Zonasi, Calon Siswa Dekat Sekolah Punya Peluang
Agus Sinaga, sekretaris PPDB online 2018 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Proses penerimaan peserta Didik baru (PPDB) untuk SMA dan SMK se-Sumatera Utara yang dilakukan secara online kini telah memasuki hari ketiga.

Hingga hari ketiga ini, data para calon peserta Didik yang mendaftar dan sudah masuk ke dalam sistem PPDB online Sumatera utara berjumlah 106.747.

"Data hari Kamis yang tercatat pada pukul 18.00 WIB berjumlah 106.747 pendaftar," kata wakil sekretaris panitia PPDB online Sumut, Elisabeth Simanjuntak, Kamis (28/6/2018).

Terpisah, Agus Sinaga selaku sekretaris PPDB online mengatakan kalau dalam proses penerimaan peserta Didik kali ini, ada perbedaan pada proses PPDB tahun 2017 dan 2018. Salah satunya dia menjelaskan tentang sistem zonasi.

Menurut Agus, penerapan sistem zonasi pada PPDB 2018 akan membuat Siswa lebih dekat ke sekolah.

"Zonasi itu karena makin dekat rumah calon peserta Didik ke sekolah yang dituju maka makin besar peluang dia masuk," kata Agus, Rabu sore (28/6/2018).

Agus juga mengatakan kalau penentuan zonasi di sistem PPDB menggunakan GPS.

"Sistem zonasi ini sudah masuk ke dalam aplikasi artinya jadi secara administrasi, sudah ditentukan persyaratannya misalnya kartu keluarga, KTP, artinya nanti titik koordinat yang dihitung oleh sistem GPS itu sesuai alamat KK yang ada di calon peserta Didik dihitung ke titik koordinat sekolah yang dituju," tambahnya.

Saat ditanya apa langkah panitia untuk mencegah kecurangan, Agus mengatakan  pihaknya akan terus mengawal ppdb dan tegas terhadap adanya kecurangan.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help