Kapal Tenggelam

Menteri Perhubungan Pastikan Santunan Korban KM Lestari Maju Segera Dibayarkan

Akibat tragedi itu, membuat 36 orang penumpang di KM Lestari Maju meninggal dunia dan 155 orang penumpang berhasil dievakuasi Basarnas dan tim SAR

Menteri Perhubungan Pastikan Santunan Korban KM Lestari Maju Segera Dibayarkan
Tribun Medan / M Andimaz Kahfi
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang ditemui usai acara Dialog Nasional di Medan Internasional Convention Center (MICC) Medan, memastikan dalam waktu dekat ini, Pemerintah Indonesia segera menyalurkan santunan ‎kepada seluruh korban selamat maupun meninggal dunia dalam tragedi kecelakaan KM Lestari Maju yang kandas di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018) lalu.

Akibat tragedi itu, membuat 36 orang penumpang di KM Lestari Maju meninggal dunia dan 155 orang penumpang berhasil dievakuasi Basarnas dan tim SAR Gabungan dalam keadaan keselamatan.

"Kami pastikan, santunan korban dapat dibayarkan langsung dalam satu dua hari ini," kata Budi, Kamis (5/7/2018).

Budi menyerahkan sepenuhnya proses hukum dan penyidikan kepada pihak kepolisian untuk pihak bertanggungjawab dalam kecelakaan Kapal Lestari Maju. Karena diduga dalam tenggelam Kapal tersebut ada kelalai dilakukan saat melakukan operasional kapal itu.

"‎Polisi akan menetapkan siapa yang harus bertanggung jawab dan kita meminta KNKT memberikan rekomendasi apa yang harus dilakukan," ucapnya.

Terkait penyebab kecelakaan Kapal Motor Penumpang Lestari Maju belum tahu dengan alasan menunggu hasil penyelidikan dari KNKT.‎

"Saya belum dapat informasinya, saya akan dapatkan besok dari KNKT," ujar Budi.

Baca: Wujud Kehadiran Pemerintah, Kemenhub Didik 100 Warga Danau Toba jadi Petugas Syahbandar

 

Baca: Irjen Kemenhub Tunggu Hasil Penyelidikan Tenggelamnya KM Sinar Bangun

Perlu diketahui, ‎KM Lestari Maju merupakan kapal bertonase GT 1.519 yang dinakhodai Agus Susanto, oleng dan separuh bagiannya tenggelam di perairan Dusun Pabbaddilang, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan.

Hingga ratusan penumpang harus dievakuasi oleh Basarnas dalam keadaan selamat dan meninggal dunia. Terkini pihak kepolisian bersama KNKT terus melakukan penyeledikan, untuk mengetahui penyebab kandas kapal Lestari Maju tersebut.

(cr9/tribun-medan.com).

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help