Imigrasi Sebut Cuma 265 Warga Negara Asing Bekerja di Sumatera Utara, 142 berasal dari China

Icon Siregar menjelaskan TKA asal China tersebar ke 70 perusahaan di Sumatera Utara.

Imigrasi Sebut Cuma 265 Warga Negara Asing Bekerja di Sumatera Utara, 142 berasal dari China
TRIBUNNEWS/HERUDIN
ILUSTRASI: Sejumlah perempuan Warga Negara Asing (WNA) yang diamakankan saat Operasi Pengawasan Orang Asing diperlihatkan kepada awak media di Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Barat, Sabtu (7/1/2016). Operasi Pengawasan Orang Asing mengamankan 20 perempuan berkewarganegaraan Tiongkok, Vietnam dan Thailand berusia antara 19-40 yang berkegiatan sebagai Pekerja Seks Komersial (PSK) yang diduga melakukan pelanggaran keimigrasian. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribun/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - 
Imigrasi Kanwil Kemenkumham Sumut sejak januari hingga Juni 2018, 265 warga negara asing diketahui bekerja di Sumatera Utara. Dengan jumlah 142 orang diantaranya berasal dari China.

Menanggapi isu membludaknya TKA asal China, Kadiv Imigrasi memberikan penjelasan.

"Nah, itu yang katanya kemarin tenaga asing dari China membludak, kan cuma 142 orang," ucap Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Sumut Icon Siregar kepada wartawan di kanwil kemenkumham Sumut, Jumat pagi (6/7/2018).

Jumlah 265 Warga negara asing yang terdata terdiri dari warga China sebanyak 142 orang, Malaysia sebanyak 54 orang , Filiphina sebanyak 18 orang, Korea Selatan sebanyak 19 orang, India sebanyak 13 orang.

Dilanjutkan, Jepang sebanyak 7 orang, Singapura sebanyak 3 orang, Australia sebanyak 4 orang, Thailand sebanyak 2 orang, Amerika Serikat 1 orang, dan dari Sri Lanka sebanyak orang.

Icon Siregar menjelaskan TKA asal China tersebar ke 70 perusahaan di Sumatera Utara. Sehingga jika dibagi maka satu perusahaan hanya mempekerjakan 2 TKN asal China.

Menanggapi jenis pekerjaan yang diisi warga China, ia menjelaskan bahwa TKA China umumnya bekerja di proyek nasional dan industri "TKA asal China itu umumnya kerja di proyek nasional dan perusahaan industri," tambahnya.

(cr15/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help