Pilkada Serentak 2018

Surat Suara Dihitung Ulang, Rapat Pleno KPU Deliserdang Berlangsung 17 Jam

Meski memakan waktu lama namun pelaksanaannya tetap berjalan dengan aman dan sesuai dengan tahapan.

Surat Suara Dihitung Ulang, Rapat Pleno KPU Deliserdang Berlangsung 17 Jam
TRIBUN MEDAN/INDRA GUNAWAN SIPAHUTAR
Komisioner KPU Deliserdang sedang membahas soal surat suara yang didapatkan dari hasil penghitungan ulang kotak suara Jumat. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar

 

TRIBUN-MEDAN.com, LUBUKPAKAM- Pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara untuk pemilihan Gubernur dan pemilihan Bupati Deliserdang oleh KPU Deliserdang berlangsung selama 17 jam.

Pleno ini dimulai pada Kamis, (5/7/2018) pukul 11.00 dan berakhir Jumat, (6/7/2018) dini hari pukul 04.00 WIB.

Meski memakan waktu lama namun pelaksanaannya tetap berjalan dengan aman dan sesuai dengan tahapan. Komisioner KPU Deliserdang, Bobby Indra Prayoga menyebut pelaksanaan rapat pleno memakan waktu yang panjang lantaran adanya pembukaan dua kotak suara Pilgub dan Pilbup.

Kotak suara yang dibuka itu dari TPS II Desa Tanah Merah Kecamatan Galang. Hal itu dilakukan karena adanya rekomendasi oleh Panwaslih. Pada saat itu satu persatu surat suara terpaksa dihitung ulang.

" Sebenarnya ditingkat TPS dan Kecamatan itu tidak ada persoalan, tapi karena adanya temuan Panwaslih, KPU melaksanakan rekomendasi yang disampaikan Panwaslih. Temuannya itu ada yang selisih satu surat suara. Ada surat suara Bupati masuk ke kotak untuk Gubernur. Tapi setelah dihitung ulang tidak merubah hasil," kata Bobby.

Tidak hanya itu, Bobby juga mengakui kalau pada saat itu KPU dan Panwaslih sempat beradu argumen atas adanya persoalan yang terjadi di TPS 14 Desa Bandar Labuhan Kecamatan Tanjung Morawa.

Meski ditingkat TPS dan Kecamatan awalnya tidak ada persoalan namun pada rapat pleno ini sempat terjadi pembahasan lantaran dianggap surat suara melebihi jumlah Daftar Pemilih Tetap. Setelah dikroscek, ternyata TPS 14 ada meminjam surat suara ke TPS 13. (dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help