Wali Kota Medan Terima Kunjungan Konsul AS

Dipilihnya Batam sebagai tempat perayaan Hari Kemerdekaan, jelas Juha, karena wilayah tugasnya cukup luas

Wali Kota Medan Terima Kunjungan Konsul AS
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima kunjungan Konsulat Amerika Serikat di Medan untuk Sumatera Juha P Salin di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Kamis (5/7/2018). 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima kunjungan Konsulat Amerika Serikat di Medan untuk Sumatera Juha P Salin di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Kamis (5/7/2018).  Selain  meningkatkan tali sialturahmi, kunjungan itu dilakukan untuk memperkenalkan Wakil Konsulat Amerika yang  baru yakni Jessica E Panchatha.

Di samping itu  Juha menjelaskan, ada dua agenda  lainnya yang dibawanya  untuk disampaikan kepada Wali kota dalam pertemuan tersebut. Pertama, Juha mengundang Wali Kota untuk menghadiri perayaraan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat yang akan digelar di Pulau Batam, Senin (9/7/2018).

Dipilihnya Batam sebagai  tempat perayaan Hari Kemerdekaan, jelas Juha, karena wilayah tugasnya cukup luas, tidak hanya Kota Medan tetapi Pulau Sumatera. Untuk itulah setiap tahunnya, perayaan perayaan hari jadi Negara Paman Sam itu digelar secara bergantian di seluruh wilayah yang ada di Pulau Sumatera.

“Direncanakan, perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat ke-242 yang kita laksanakan di Pulau Batam akan dihadiri sekitar 400 undangan. Untuk itu kita berharap agar saudara Wali Kota dapat meluangkan waktu dan menghadirinya,” kata Juha seraya menyerahkan undangannya langsung kepada Wali Kota.

Kemudian Juha menambahkan, agenda kedua, kedatangannya juga ingin memperkenalkan Wakil Konsul Amerika di Medan yang baru yakni Jessica E Panchatha. “Walaupun acara pisah sambut dengan pejabat lama belum dilakukan sampai saat ini namun Jessica sudah bekerja di Kota Medan,” ungkapnya.

Kepada Wali Kota yang didampingi Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan Purnama Dewi dan Kabag Hubungan Kerjasama Rivai Nasution,  Juha memaparkan, pisah sambut dengan Wakil Konsul Amerika akan dilaksanakan usai perayaan HUT Kemerdekaan Amerika di Pulau Batam.

“Pisah sambut rencananya akan kita laksanakan di Hotel JW Marriot, Kamis (12/7). Kembali kami berharap agar  Wali Kota dapat menghadirinya.  Semoga kerjasama Amerika Serikat (AS) dengan Indonesia, termasuk Kota Medan yang selama ini sudah terjalin dengan baik akan menjadi lebih baik lagi ke depannya,” harapnya.

Setelah dua agenda itu, papar Juha, pihaknya juga berencana akan mendatangkan pejabat Overseas Private Investmen Corporation (OPIC) ke Kota Medan. Dijelaskannya, OPIC sebagai pengembangan lembaga keuangan Pemerintah AS dan bertugas membantu bisnis AS untuk berinvestasi di luar negeri.

“Para pejabat OPIC akan kita bawa untuk melihat-lihat Kota Medan. Kita harapkan dalam kunjungan tersebut, mereka nantinya tertarik dan bersedia berinvestasi di Kota Medan. Tentunya ini akan memberikan manfaat, tidak hanya bagi Kota Medan tetapi juga AS,” jelasnya.

Wali Kota mengucapkan terima kasih atas kunjungan Konsul Amerika di Medan tersebut. Dia menyambut baik atas  undangan yang disampaikan. Orang nomor satu di Pemko Medan akan berupaya menghadiri perayaan HUT Kemerdekaan AS di Batam tersebut. “Jika tidak ada halangan, insha Allah saya akan hadir. Apalagi Hari Kemerdekaan AS, sama dengan tanggal kelahiran saya yakni 4 Juli,” kata Wali Kota.

Selanjutnya, Wali Kota menyampaikan apresiasinya dan menyambut baik atas rencana Konsul AS untuk mendatangkan pejabat OPIC ke Kota Medan. Diharapkannya, pejabat OPIC tertarik melihat kondisi Kota Medan sehingga mau berinvestasi. “Kita akan memberikan kemudahan segala bentuk perizinan sehingga investor AS berinvestasi di Kota Medan. Sebab, Kota Medan saat ini memberi peluang selebar-lebarnya bagi para investor untuk berinvestasi sehingga Kota Medan lebih maju dan berkembang ke depannya,” ujarnya. (H)

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help