Lili Ayu Band: Ini Wadah Berekspresi, Bukan Cari Uang

Namun Lily Ayu juga memiliki makna bunga Lily yang cantik dan indah, mereka berharap nama tersebut menular ke dalam music mereka

Lili Ayu Band: Ini Wadah Berekspresi, Bukan Cari Uang
Tribun Medan/Hand Out
Lily Ayu, Band Indie Asal Kota Medan terdiri dari Putri Olivia Silalahi (Drum), M Zulfikar Triadi Sucipto (Gitar Lead), Tengku Jozarky atau Ijer (Bass) dan Reyhan Alqadrie (Vokal) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Nanda Rizka Nasuton

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN -"Kita gak nyari uang. Band ini sebagai wadah untuk berekspresi dan berkarya. Yang penting kita diterima dan dapat apresiasi masyarakat Medan."

Hal tersebut yang dikatakan oleh Reyhan, Vokalis Lily Ayu Band saat ditanyai tujuan keempat sekawan ini membentuk sebuah band.

Berawal dari September 2017 dari ajakan Putri Olivia yang mengajak Zulfikar Sucipto untuk membuat side project pada beraliran british pop, Zulfikar mulai mencari teman untuk mengisi posisi lainnya seperti drum dan bass.

Dari sana ia bertemu dengan Tengku Jozarky dan Dwy Putra yang mengisi posisi bass dan gitar lead.
Akhirnya mereka manggung untuk pertama kalinya di panggung Dies Natalis sebuah jurusan di Politeknik Negeri Medan dengan nama Side Pro, dengan posisi awal:
Putri Olivia Silalahi sebagai Vokal, M Zulfikar Triadi Sucipto sebagai Gitar, Dwy Putra Sylvana sebagai Drum dan Tengku Jozarky sebagai Bass

Baca: Tak Setinggi Gunung Everest, 5 Gunung Ini Belum Mampu Ditaklukkan Manusia

Pada acara itu mereka bertemu dengan Reyhan Alqadrie yang membuka stand kopi. Di situ mereka kemudian berbicara banyak tentang project ini ke depannya. Pada hari itu juga mereka sepakat menjadikannya sebagai vocal, dan Putri Olivia beralih posisi menjadi Drum.

Beberapa hari kemudian di kedai kopi Ristreeto mereka berkumpul berlima dan akhirnya mencari nama, genre, influencer, logo sampai target ke depannya.

Machiatto Caramel, ColdBrew sempat menjadi opsi nama mereka. Hingga akhirnya terpilihlah nama Lily Ayu yang sebenarnya tidak sengaja karena mereka sedang mencari nama mantan kekasih atau teman dekat yang bagus dan cocok dijadikan nama mereka kedepannya.

Namun Lily Ayu juga memiliki makna bunga Lily yang cantik dan indah, mereka berharap nama tersebut menular ke dalam music mereka dan dapat dinikmati banyak orang.

"Pengalaman pribadi vokalis, sih, kayanya," ujar Putri yang diselingi tawa anggota band lain
Pada 17 Desember 2017 menjadi panggung pertama mereka dengan nama Lily Ayu dengan formasi: Putri Olivia Silalahi (Drum), M Zulfikar Triadi Sucipto (Gitar Lead), Dwy Putra Sylvana (Gitar Rithym), Tengku Jozarky atau Ijer (Bass) dan Reyhan Alqadrie (Vokal).

Baca: 5 Tips Ini Bisa Memotivasi Anda Rutin Berolahraga Pagi, Silakan Dicoba!

Band ini memiliki banyak kiblat seperti Paws band asal skotlandia yg bergenre Scottish Rock, The Cure, The Strokes, Oasis, Muse, Nirvana, bahkan Dried Cassava yang berasal dari Indonesia sendiri.

Akhirnya mereka memutuskan untuk menetapkan Alternative sebagai genre mereka, hal itu dikarenakan mereka tidak berpatokan pada genre/aliran tertentu dan bisa lebih fleksibel untuk menciptakan karya baru.

"Lebih tergantung zaman aja kalau soal genre," tambah Putri

Pada februari 2018, Dwy Putra Sylvana (Gitar Rithym) memutuskan keluar dari Lily Ayu dikarenakan jadwal dan hal lain diluar kesibukan di band ini. Tak ada perubahan berarti setelah keluarnya sang gitar rithym terebut. Formasi masih sama, hanya Zulfikar yang sekarang mengambil alih semua petikan gitar di sini.

Setelah banyak memiliki materi dan lagu untuk dijadikan single pertama. Lily Ayu memilih sebuah materi lagu yang berjudul "Pretty Words" untuk dijadikan single pertama mereka.

Baca: Viral Kisah Pendarahan Mata Remaja, Benarkah Akibat Terlalu Sering Main HP? Begini Kata Dokter

Lagu yang memiliki banyak unsur genre di dalamnya seperti Boy Pablo, Oasis, Nirvana, Muse, Dried Cassava ini akan segera dirilis secara digital dan dibeberapa radio di Medan dan Indonesia pada pertengahn Juli 2018.

Single ini sudah dapat didengar download di itunes, dan didengar secara streaming di Apple Music, Spotify, Joox, dan beberapa aplikasi music lainnya paling lambat 14 Juli 2018.

Saat ditanya mengenai keinginan ke depan, Putri dan Zulfikar menjawab, "Cepat tamat kuliah aja sih." Tawa mereka.

Lily Ayu ke depannya akan mengikuti lebih ikut banyak event-event dan berencana mengikuti festival nasional.
Mereka biasa latihan di Mita Studio sekali dalam seminggu. Dalam waktu dekat mereka akan mengikuti event di Sibolangit.

(*)

Penulis: Nanda Rizka Nasution
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved