Edisi Cetak Tribun Medan

Banjir dan Puting Beliung Melanda Medan, BMKG Jelaskan Prediksi Cuaca Ekstrem

Banjir di Jalan Gatot Subroto, Jalan Dr Mansyur, Jalan Jamin Gunting, Setia Budi, Ayahanda, Ngumban Surbakti dll

Banjir dan Puting Beliung Melanda Medan, BMKG Jelaskan Prediksi Cuaca Ekstrem
Banjir akibat hujan deras yang melanda Kota Medan 

TRIBUN-MEDAN.COM - Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang Kota Medan, Minggu (8/7/2017) malam. Dampaknya minimal 63 unit rumah rusak.

Akibat lainnya terjadi banjir di Jalan Gatot Subroto, Jalan Dr Mansyur, Jalan Jamin Gunting, Setia Budi, Ayahanda, Ngumban Surbakti dan beberapa ruas jalan lainnya. 

Pendendara yang biasa lewat Jalan Dr Mansyur dan Ngumban Surbakti terpaksa balik arah untuk menghindari banjir.

Berdasar informasi dari Manajer Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Pengendali Bencana Daerah (BPBD) Medan M Yunus rumah rusak akibat angin puting beliung berada di empat kecamatan, Medan Marelan, Medan Labuhan, Medan Deli, dan Medan Johor.

"Terdapat 63 unit rumah warga yang rusak diterjang angin puting beliung," kata M Yunus, Senin (9/7).
Yunus merincikan di Medan Marelan 27 unit rumah rusak di Kelurahan Tanah 600, 13 unit rumah rusak di Kelurahan Rengas Pulau.

Di Medan Labuhan, enam unit rumah rusak di Kelurahan Besar, 15 unit rumah rusak di Kelurahan Titi Papan, Kecamatan Medan Deli, dan dua unit rumah rusak di Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor. "Kerusakan pada umumnya di bagian atap rumah warga," ucapnya.

Macet
Hujan deras, yang berujung banjir, Minggu malam, membuat arus lalu lintas macet. Di Jalan Ngumban Surbakti, yang mengarah ke persimpangan Jalan Setia Budi, banyak kendaraan bermotor mogok, terutama sepeda motor akibat knalpot terendam air.

Seorang pengendara sepeda motor Riadi mengatakan, terpaksa berbalik arah karena banjir di Jalan Ngumban Surbakti cukup tinggi. Riadi, yang biasanya dari Jalan Setia Budi lewat Jalan Ngumban Surbakti menuju Simpang Pos, menuturkan, kerap kali terpaksa memutar arah menghindari banjir supaya kendaraannya tidak mogok.

Ia biasanya memilih rute Jalan Setia Budi ke Simpang Pemda menuju Simpang Pos.

Kondisi jalan rusak di Jalan Asia Simpang Kapten Jumhana, Kecamatan Medan Area, Medan, Selasa (29/5/2018). Tak jarang banyak pengendara sepeda motor yang jatuh di lubang besar saat banjir. 
Kondisi jalan rusak di Jalan Asia Simpang Kapten Jumhana, Kecamatan Medan Area, Medan, Selasa (29/5/2018). Tak jarang banyak pengendara sepeda motor yang jatuh di lubang besar saat banjir.  (Tribun Medan/Liska Rahayu)

Jalan Ngumban Surbakti, merupakan rute yang sehari-hari ia lalui. Jika banjir, katanya, ketinggian air bisa mencapai betis orang dewasa. "

Halaman
123
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help