DPRD Medan Minta Dinas Perhubungan Tindak Jukir Liar, Parlaungan: Jangan Hanya Mengejar Setoran

Sudah seharusnya Dinas Perhubungan memberikan pendidikan dan pelatihan tentang aturan tata cara parkir yang baik dan benar

DPRD Medan Minta Dinas Perhubungan Tindak Jukir Liar, Parlaungan: Jangan Hanya Mengejar Setoran
Tribun Medan/M Daniel Effendi Siregar
Petugas juru parkir mengatur kendaraan di lokasi parkiran Stasiun Kereta Api Medan, Jumat (9/12). Maraknya parkir liar menyebabkan tingginya tingkat kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan. TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Liska Rahayu

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Banyaknya keluhan masyarakat mengenai petugas parkir yang dianggap menimbulkan kesemrawutan dan sesuka hatinya, mendapat tanggapan dari Ketua Komisi IV DPRD Kota Medan Parlaungan Simangunsong.

Menurutnya, Dinas Perhubungan Kota Medan harus menindak tegas oknum juru parkir liar. Dikatakannya, oknum juru parkir liar tersebut kadang mengaku-ngaku sebagai petugas dari Dishub.

"Sudah seharusnya Dinas Perhubungan memberikan pendidikan dan pelatihan tentang aturan tata cara parkir yang baik dan benar. Agar di lapangan mereka paham mana lokasi yang boleh di jadikan tempat parkir dan mana yang tidak boleh," ujar Politisi dari Partai Demokrat ini, Selasa (10/7/2018).

Dia mengatakan, para petugas parkir tersebut harus memahami Undang-Undang Lalu Lintas dan perparkiran. Kepala Dinas Perhubungan pun harus peka terhadap berbagai laporan, baik dari masyarakat ataupun media.

"Kadis pun harus peka, baik dari laporan masyarakat atau media yang menyoroti kinerja petugas parkir di lapangan dan langsung memberikan teguran," katanya.

Parlaungan juga meminta agar Dishub kembali mendata ulang mengenai anggota dan kelengkapan atributnya. Termasuk karcis parkir sesuai zona parkir masing-masing.

Baca: Viral Foto-foto Via Vallen Bersama Anak dan Pria Diduga Suaminya Lagi Ramai di Medsos

 

Baca: Berenang Bersama 4 Temannya, Balita Tewas Tenggelam di Kolam Taman Sri Deli

Baca: Keluarga Coba Hidupkan Rizky Ahmad yang Tewas Dipatuk King Cobra, Pemakaman Ditunda

 

Baca: Prihatin Rekannya Diciduk KPK, Sutrisno Pangaribuan Minta Anggota Dewan Tobat Nasional

Berdasarkan aduan warga, kebanyakan oknum petugas parkir tidak memakai pakaian dari Dishub. Para petugas pun selalu mengarahkan pengendara untuk parkir di trotoar jalan. Selain itu, petugas parkir terkadang tidak berjaga di tempatnya, namun saat pengendara akan keluar, petugas parkir datang untuk meminta uang.

"Kita minta Kadishub Kota Medan, mendata ulang kembali petugas parkir yang bertugas di lapangan termasuk penyediaan karcis parkir. Jangan hanya untuk mengejar setoran, Dishub tidak peduli terhadap warga masyarakat yang dapat dirugikan atas ulah jukir yang tidak bertanggung jawab," pungkasnya.

(Cr5/tribun-medan.com)

Penulis: Liska Rahayu
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help