Benahi Banjir Medan, Pemko dan BWS Segera Tandatangani MOU Kerja Sama

Dalam MOU tersebut nantinya akan disepakati kerja sama antara BWS dan Pemko Medan untuk menyediakan alat guna melakukan pengerukan sungai-sungai.

Benahi Banjir Medan, Pemko dan BWS Segera Tandatangani MOU Kerja Sama
Beberapa kawasan masih terlihat banjir, akibat hujan deras yang melanda Kota Medan pada Minggu (8/7/2018) malam 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Liska Rahayu

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Pemerintah Kota (Pemko) Medan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Balai Wilayah Sungai (BWS) akan melakukan penandatanganan MOU dalam waktu dekat. Hal ini untuk menanggulangi banjir yang terjadi di Kota Medan belakangan ini.

Penandatangan MOU tersebut diputuskan saat rapat koordinasi Pemko Medan dan BWS bersama anggota DPD RI Parlindungan Purba di Kantor DPD RI Jalan Gajah Mada, Rabu (11/7/2018).

Dalam MOU tersebut nantinya akan disepakati kerja sama antara BWS dan Pemko Medan untuk menyediakan alat guna melakukan pengerukan sungai-sungai.

"Secepatnya akan diinisiasi MOU. Pemko Medan siap mengadakan alat-alat. Karena selama ini Pemko Medan punya alat, tapi kita tidak punya izin untuk melakukannya," ujar Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution.

Dijelaskannya, secara kewenangan dan tanggung jawab, Pemko Medan hanya menanggungjawabi drainase sekunder. Sementara drainase primer ditanggungjawabi Pemprovsu dan sungai di bawah tanggung jawab BWS.

"Seluruh drainase kita itu bermuara ke drainase primer dan drainase bermuara ke sungai. Berdasarkan pengamatan dari BWS, tanggal 8 Juli kemarin, air dari drainase tidak bisa masuk ke drainase primer dan ke sungai," katanya.

Akhyar menjelaskan, hal tersebut diakibatkan muka air sungai tidak naik. Sehingga menyebabkan air stuck atau backwater, yakni air tergenang dan tidak bisa mengalir ke mana-mana.

"Karena airnya enggak bisa masuk sungai. Pemko Medan sudah membuat drainase, muaranya ke sungai. Tapi karena sungainya belum dinormalisasi, makanya backwater. Inilah yang kita bangun koordinasi dengan masing-masing stakeholder. Insha Allah cepat terealisasikan," kata Akhyar.

Namun, Parlindungan Purba mengatakan, Pemko Medan dan BWS harus melakukan tindakan cepat untuk menangani banjir yang bisa terjadi lagi dalam waktu dekat. Untuk itu, BWS akan menyurati Pemko Medan guna melakukan pengerukan sungai.

"Dalam minggu ini akan ada kerja sama antara BWS dan Pemko Medan dalam pengerukan beberapa pusat-pusat pendangkalan sungai. Pemko Medan tidak bisa menggunakan alat tanpa ada izin dan komunikasi dengan BWS. Besok, akan ada surat dari BWS kepada Pemko Medan untuk sama-sama mengorek daerah dangkal," katanya.

Parlindungan mengatakan, salah satu daerah yang patut diberi perhatian adalah Sungai Sei Sikambing dan daerah muara Sungai Deli. Dengan upaya tersebut, diharapkan debit air bisa berkurang dan berdampak pada aliran air jika hujan.

Selain itu, Parlindungan juga mengapresiasi kinerja Pemko Medan melalui Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk mengajak bersama-sama bergotong-royong membersihkan parit. Karena hal tersebut merupakan langkah yang sangat penting.

"Yang ketiga juga saya mempertanyakan tentang MUDP tempo hari. Karena dari sini kita bisa tahu dari mana hilirnya, di mana hulunya. Pertemuan ini akan saya bawa ke Menteri PU dan Bappenas," pungkasnya. (cr5/tribun-medan.com) 

PERBARUI BERITA LAINNYA 

AKBP Bambang Wijanarko saat lakukan acara lepas sambut di Polres Pangkep
AKBP Bambang Wijanarko saat lakukan acara lepas sambut di Polres Pangkep (Tribun Medan)

 

 Dituduh Selingkuh, Kapolres Pangkep Menangis Dicopot Jabatannya Saat Acara Lepas Sambut

 Kapolres Diduga Selingkuhi Polwan Dicopot dari Jabatannya, AKBP Bambang Kini Nonjob

 Astaga! Pria Ini Tega Jual Istri lewat Media Sosial hingga Polisi Endus Hal Memalukan

 Kena Tilang Polisi, Santri Ini Tinggalkan Surat di Bawah Bantal yang Bikin Ibunya Menangis

Pertemuan Ayu Ting Ting dan Luna Maya
Pertemuan Ayu Ting Ting dan Luna Maya (Kolase Instagram)

 Ucapan Mbah Mijan Terbukti? Begini Reaksi Luna Maya saat Dicium Ayu Ting Ting

 Dikabarkan Ahok Bisa Bebas Bersyarat pada Bulan Agustus, Dia Pilih Bebas Murni

 Hotman Paris Disandingkan dengan Jokowi Viral di Medsos, Bang Hotman: Bukan Aku yang GR

 Via Vallen Rela Bayar Mahal untuk Nonton Final Piala Dunia, Harga Tiket saja Bikin Melongo

Penulis: Liska Rahayu
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help