Seluruh Kades se Deliserdang Ikuti Bimtek ke Malang

Seluruh kepala desa (Kades) yang ada di Kabupaten Deliserdang berangkat ke Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur

Seluruh Kades se Deliserdang Ikuti Bimtek ke Malang
Seluruh kepala desa (Kades) yang ada di Kabupaten Deliserdang berangkat ke Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.com,LUBUKPAKAM- Seluruh kepala desa (Kades) yang ada di Kabupaten Deliserdang berangkat ke Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Jumlah keseluruhan Kepala Desa sebanyak 380 orang.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Deliserdang, Citra Efendy Capah menyebut keberangkatan seluruh kepala desa ini dibagi dalam dua gelombang. Untuk gelombang pertama yang berangkat 205 orang berasal dari 10 Kecamatan sedangkan yang kedua 175 orang dari 12 Kecamatan.

" Kalau sekarang ini yang sedang berada di Malang merupakan gelombang kedua. Gelombang pertama sudah selesai karena jadwalnya tanggal 3 sampai 6 Juli. Kalau yang kedua dari tanggal 10 sampai tanggal 13,"ujar Capah Rabu, (11/7/2018).

Ia menegaskan biaya perjalanan Kades ditampung melalui Alokasi Dana Desa (ADD) yang sudah dianggarkan di APBDes. Disebut seluruh Kades berangkat ke Malang karena ingin mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) percepatan implementasi Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Lingkup Direktorat Penataan dan Administrasi Desa bagi Dinas PMD, Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Deliserdang.

" Bimtek ini karena adanya surat dari Kemendagri yang meminta kepada Bupati untuk melaksanakan kegiatan ini. Jadi selain Bimtek ini para Kades juga mengikuti study lapangan ke Desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon. Disana mereka lihat BUMDes dan mendengarkan paparan dari Kepala Desanya,"kata Capah.

Disebut BUMDes itu cukup baik dan sepertinya bisa diterapkan di Kabupaten Deliserdang. Pada acara Pembukaan acara juga dihadiri oleh Bupati Deliserdang dimana pada saat itu acara dibuka oleh Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa, Aferi S Fudail.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved