Lalu Muhammad Zohri Yatim Piatu Sejak Kecil, Pesan Membekas Ayahnya Bikin Dia Jadi Juara Dunia

Atlet nasional Lalu Muhammad Zohri yang mencatatkan sejarah sebagai juara dunia ternyata masih tinggal di sebuah rumah reyot

Lalu Muhammad Zohri Yatim Piatu Sejak Kecil, Pesan Membekas Ayahnya Bikin Dia Jadi Juara Dunia
Lalu Muhammad Zohri 

TRIBUN-MEDAN.com - Atlet atletik nasional Lalu Muhammad Zohri yang mencatatkan sejarah sebagai juara dunia ternyata masih tinggal di sebuah rumah reyot di kampung halamannya, Dusun Karang Pangsor, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

"Iya, sampai sekarang kondisi rumah masih sama," kata kakak Lalu, Fazilah seperti yang dilansir Antara di Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Fazilah mengatakan rumah yang berlokasi di Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara itu selalu dipakai Lalu ketika kembail ke kampung halamannya.

"Kami sudah pernah mengajukan bantuan ke Kepala Desa dulu. Tapi, nama kami tidak pernah keluar," kata tentang kondisi rumah peninggalan kedua orang tuanya itu.

Meskipun masih menempati rumah itu, anak bungsu dari empat bersaudara itu sesekali juga tinggal bersama saudaranya yang lain.

Baca: Foto-foto Gubuk Reyot Kediaman Lalu Muhammad Zohri Juara Dunia Lari 100 Meter

Putra pasangan almarhum Lalu Ahmad Yani dan almarhumah Saeriah itu bercita-cita memperbaiki rumah di kampung halamannya jika telah mencapai kesukesan.

"Belum. Dia akan memperbaiki rumah orang tua setelah benar-benar sukses," kata Fazilah yang menambahkan karakter atlet berusia 18 tahun itu sebagai sosok pendiam. 

Kondisi rumah atlet atletik nasional Lalu Muhammad Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Dok. PB PASI)

Lalu, menurut Fazilah, berencana membeli tanah di luar kampungnya di Dusun Karang Pangsor jika sudah mampu.

"Kami tidak pernah mengetahui masalah pribadi Lalu. Dia tidak ingin menyusahkan kakak-kakaknya atau keluarganya yang lain. Dia akan berusaha sendiri selama dia mampu," ujar kakak sulung itu.

Baca: Profil Lengkap Lalu Muhammad Zohri Si Juara Dunia, Yatim Piatu Sejak SD dan Tinggal di Rumah Bedek

Sebelum meninggal, ayah Lalu Muhammad Zohri pernah mendoakan agar putranya selalu sukses mencapai cita-citanya.

Lalu Muhammad Zohri meraih gelar juara dunia lari 100 meter putra U-20 yang berlangsung di Tampere, Finlandia, Rabu malam (11/7) waktu setempat.
 

Pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri meluapkan kegembiraannya seusai berhasil menjadi yang tercepat pada nomor lari 100 meter pada ajang IAAF World U20 Championships di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018) (ANTARA /REUTERS/Lehtikuva)

Atlet asal Lombok, Nusa Tenggara Barat itu, dalam keterangan tertulis Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) yang diterima Antara di Jakarta, Kamis, berhasil melewati garis finis dengan catatan waktu 10,18 detik.

Lalu mengalahkan dua atlet Amerika Serikat Anthony Schwartz dan Eric Harrison yang menempati peringkat dua dan tiga dengan catatan waktu masing-masing 10,22 detik.

Catatan waktu Lalu 10,18 detik itu sekaligus memecahkan rekor nasional junior atas namanya sendiri 10,25 detik. Rekor waktu 10,18 detik itu juga mendekati rekor nasional senior atas nama Suryo Agung Wibowo 10,17 detik.

Pencapaiannya pria kelahiran 1 Juli 2000 itu merupakan sejarah baru dalam cabang olahraga atletik Indonesia. 

Sebelumnya, Indonesia mencatatkan prestasi terbaik di nomor lari 100 meter pada kejuaraan yang sama di tahun 1986 dengan mencapai finish ke-8 di babak penyisihan. 

***

UPDATE BERITA POPULER LAINNYA

Pasangan suami istri Fandi Barita Sitanggang dengan Dame boru Siringoringo di GKPS Kongsi Laita Simalungun, Kamis (12/7/2018). Fandi merupakan seorang penderita disabilitas.
Pasangan suami istri Fandi Barita Sitanggang dengan Dame boru Siringoringo di GKPS Kongsi Laita Simalungun, Kamis (12/7/2018). Fandi merupakan seorang penderita disabilitas. (Tribun Medan / Tommy Simatupang)

 Foto-foto Mengharukan Pernikahan Penyandang Disabilitas Fandi Sitanggang dengan Dame Siringoringo

 Pacaran 15 Bulan, Fandi Sitanggang, Penyandang Disabilitas yang Mampu Luluhkan Hati Dameria

 Punya Istri, Pak Kapolres Ajak Jalan-Jalan Polwan Malam Hari, hingga Terjerat Kasus Selingkuh

Cincin Lamaran Justin Bieber Saja Rp 3,5 M, Nih Rinciannya Kekayaannya yang Berlimpah

 

 

Bachtiar Nasir dan Tuan Guru Bajang (TGB)
Bachtiar Nasir dan Tuan Guru Bajang (TGB) (Tribun Medan)

 Inikah Sosok Cawapres Jokowi? Ucapan Ustaz Bachtiar Dihentikan Usai Bahas TGB di Forum Ulama Dunia

 Pesan Ibu Tien sebelum Kejatuhan Presiden Soeharto: Tolong Sampaikan Kepadanya . . .

 Ahok Mau Jadi Presiden? Terkuak 3 Hal yang Akan Dilakukan Usai Keluar Penjara

 KPK Sengaja Bikin Sport Jantung di Sumut, Seharusnya 38 Anggota Dewan Ditahan Bersamaan

Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved