Perindo Partai Pertama yang Mendaftarkan Bacalegnya di KPU Pematangsiantar

Komisioner KPU Siantar, Batara Manurung mengungkapkan saat ini hanya satu partai yang baru mendaftar. Namun, partai telah banyak melakukan konsultasi.

Perindo Partai Pertama yang Mendaftarkan Bacalegnya di KPU Pematangsiantar
Tribun Medan / Tommy Simatupang
DPD Perindo Siantar mendaftarkan bakal calon legislatif periode 2019-2024 di Kantor KPU Siantar, Senin (16/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru menerima satu berkas pendaftaran jelang penutupan atau H-1 pendaftaran bakal calon legislatif Kota Siantar, Senin (16/7/2018). Satu dari 16 partai yang baru mendaftar yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Komisioner KPU Siantar, Batara Manurung mengungkapkan saat ini hanya satu partai yang baru mendaftar. Namun, partai narhubung dari partai  telah banyak melakukan konsultasi.

"Kita tetap membuka hingga besok (Selasa) pukul 24.00 malam," ujar Batara.

KPU akan melakukan penelitian daftar bakal calon legislatif pada 19-21 Juli. Lalu, KPU juga memberikan waktu perbaikan yakni dari 22-31 Juli.

Namun jika sudah menjadi daftar calon sementara (DCS), kata Batara tidak dapat dilakukan pergantian. Pergantian dapat saja terjadi jika ada pengaduan atau tanggapan masyarakat dari tanggal 12-21 Agustus.

"Ini karena keterbatasan KPU. Mereka mungkin ada yang mantan terpida koruptor, bandar narkoba dan kejahatan seks terhadap anak. Itu akan kita klasifikasi melalui instansi terkait. Nanti akan disampaikan ke parpol terkait soal pemberitahuan pengganti DCS tanggal 1-3 September 2018 dan tanggal 4-10 September akan dilakukan penggatian bakal calon,"ujarnya.

Baca: Dicopot dari Ketua DPD Sumut, Alasan Ngogesa Pastikan Golkar Terpuruk di Pemilu 2019

 

Baca: Jangan Sembarang Sebar Foto Anak saat Hari Pertama Sekolah, Ini Himbauan Kemendikbud

Partai Perindo menjadi parpol pertama yang datang ke KPU untuk menyerahkan berkas pengajuan bakal calon legislatif. Kedatangan Ketua DPD Perindo Pematangsiantar Minten Saragih dan Sekretarisnya Marulam Simarmata serta pengurus lainnya disambut ketua KPU Siantar, Mangasi Purba.

Baca: Terungkap Fakta Dormian Sihite Tega Bunuh Dua Anak Kecilnya, Hingga Pak Manurung Menangis Histeris

Sebelum menerima berkas pengajuan bakal calon, Mangasi Purba tampak menjelaskan syarat sesuai dengan PKPU Nomor 20 tahun 2018 pasal 6. Berkas yang didaftar sesuai dengan yang diajukan oleh pimpinan parpol. Jumlah bakal calon paling banyak 100 persen dari jumlah kursi yang ditetapkan pada setiap dapil. Selain itu, KPU juga memeriksa keterwakilan perempuan.

Baca: Hore! Kapal Besar Penyeberangan ke Samosir Hampir Rampung, Siap untuk Libur Natal-Tahun Baru

"Kalau salah satu itu tidak lengkap maka kami tidak bisa terima pengajuan bakal calon,"ujar Mangasi Purba seraya mengatakan berkas pendafataran Parpol Perindo diterima.

Ketua DPD Perindo Siantar, Minten Saragih mengatakan bersyukur karena telah menyerahkan berkas pengajuan bakal calon legislatif periode 2019-2024.

"Kami juga yang pertama Parpol yang mendaftarkan. Dan dalam pengajuan ini saya membawa seluruh bakal calon dengan 36,36 persen perempuan. Jadi ada 12 calon legislatif yang perempuan. Setelah pengajuan ini mungkin ada berkas yang tidak sempurna, maka siap untuk memperbaikinya,"katanya.

(tmy/tribun-medan.com).

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help