Pileg

Usai Pendaftaran Bacaleg, KPU Medan Lakukan Verifikasi Berkas hingga 21 September

Proses yang akan dilakukan verifikasi kepada seluruh caleg yang layak atau tidak terhadap berkas-berkasnya.

Usai Pendaftaran Bacaleg, KPU Medan Lakukan Verifikasi Berkas hingga 21 September
TRIBUN MEDAN/HO
Pengurus PKPI Medan saat menyerahkan berkas bacaleg ke KPU Medan, Selasa (17/7/2018)malam 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Satia

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Penyelenggara Pemilu Kota Medan Pandapotan Tamba mengatakan, setelah proses penyerahan berkas, masih ada lagi proses verifikasi kasih kelayakan calon legislatif (caleg).

"Setelah ini masih ada proses verifikasi dan kelayakan calegnya, sampai tanggal 21 September," ujarnya kepada Tribun-Medan.com melalui sambungan telepon, Rabu (17/7/2018).

Ketua DPD Partai Golkar Kota Medan, Syaf Lubis (tengah) saat mendaftarkan 50 caleg ke KPU Medan, Jalan Kejaksaan, Selasa (17/7/2018)
Ketua DPD Partai Golkar Kota Medan, Syaf Lubis (tengah) saat mendaftarkan 50 caleg ke KPU Medan, Jalan Kejaksaan, Selasa (17/7/2018) (TRIBUN MEDAN/SATIA)

Kemarin, adalah proses terkahir bagi para partai politik (parpol) untuk menyerahkan seluruh berkas bakal calon legislatif (bacaleg).

Kemudian, proses yang akan dilakukan verifikasi kepada seluruh caleg yang layak atau tidak terhadap berkas-berkasnya. Ia mengatakan, butuh proses waktu untuk memverifikasi karena ratusan orang menjadi caleg.

"Ya butuh waktu, karena prosesnya panjang sampai 21 September, ada sekitar 750 orang lebih kurang yang menjadi caleg," ujarnya.

Namun, ada satu parpol dari 16 yang telah resmi terverifikasi, yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tidak diterima berkasnya, karena terlambat dan tidak menyerahkan sampai waktu yang ditentukan.

"PKB tidak kita terima, mengapa, ya mereka tidak menyerahkan berkas sampai waktu yang ditentukan. Padahal waktu yang berikan dan sosialisasi sudah jelas disampaikan," katanya.

Terdata di KPU Medan ada 15 parpol yang diterima berkasnya antara lain, Partai Golkar, Hanura, PDI-P, Gerindra, lalu Demokrat, Garuda, PSI, PKPI, PPP, PSI, PBB, Berkarya, PAN, PKS, NasDem.

Terpantau lokasi KPU Kota Medan, masih tampak berserakan kertas-kertas berwarna putih. Pandapotan mengatakan, pada saat memeriksa berkas kemarin sampai pukul 05.00 WIB subuh.

"Sampai suhu kami disini maklum lah sedikit berantakan," ujarnya

(cr19/Tribun-Medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help