Petugas Sering Ketakutan saat Ada Informasi Kebakaran di Siantar, Mengapa?

Josua mengaku sering ketakutan saat menerima panggilan adanya peristiwa kebakaran.

Petugas Sering Ketakutan saat Ada Informasi Kebakaran di Siantar, Mengapa?
Tribun Medan/ Royandi Hutasoit
Pemadam kebakaran saat berusaha memadamkan api, Selasa (16/8/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Masyarakat sering kecewa terhadap kinerja petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kota Pematangsiantar.

Pemadam kebakaran yang berada di Satuan Polisi Pamongpraja (Satpol PP) sering mendapatkan kritikan. Bahkan, warga sering kali menganggap petugas Damkar lambat.

Hal ini pun diakui Kepala Bidang (Kabid) Damkar, Josua Sihaloho, Jumat (20/7/2018). Josua mengungkapkan Pemko Siantar nemiliki lima unit armada Damkar. Dari lima armada tersebut, hanya satu yang benar-benar layak operasi.

Josua mengaku sering ketakutan saat menerima panggilan adanya peristiwa kebakaran.

"Jujur, di setiap ada bencana kebakaran, kita selalu was-was bila armada kita mendadak rusak di lapangan. Betapa tidak, dari lima armada mobil Damkar, hanya satu armada yang benar-benar laik operasi," ujarnya seraya mengatakan semestinya perawatan mobil dilakukan sekali lima tahun.

Josua menjelaskan tiga unit Damkar pengadaan tahun 2000 bermuatan empat ribu liter air. Sedangkan dua unit pemgadaan tahun 2004 lagi berisi delapan ribu liter air.

Namun, ia menilai armada tersebut masih dapat beroperasi dengan normal. Pihaknya telah melakukan pemeliharaan dengan anggaran seadanya.

"Bila kami tidak maksimal melakukan perawatan dan pemeliharaan, maka kekecewaan masyarakat terhadap Damkar Pemko Siantar akan semakin besar. Damkar Pemko akan selalu jadi bahan cemoohan," katanya.

Melihat perkembangan Kota Siantar, Josua menilai perlu adanya pengadaan mobil Damkar dengan fasilitas tangga (sky lift) sejak dulu.

Halaman
12
Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved