Api Lalap 50 Hektar Hutan Pinus di Balige, Pemadam Masih Berjibaku Padamkan Api

Kebakaran sudah berlangsung selama dua hari. Kawasan di bawah pengawasan KPH XIII Dolok Sanggul dan berlokasi di Dolok Tolong Hinalang

Api Lalap 50 Hektar Hutan Pinus di Balige, Pemadam Masih Berjibaku Padamkan Api
Tribun Medan/Ist
Api melalap hutan Balige. 

Laporan Tribun Medan/Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA-SAMOSIR-Hingga pukul 13.00 WIB, Kamis (26/7/2018) api yang melaalap Hutan Kawasan Danau Toba tepatnya di Dolok Tolong, Balige Toba Samosir masih belum bisa dipadamkan. Sulitnya medan yang dilalui membuat api sulit untuk dipadamkan.

Kebakaran tersebut sudah berlangsung selama dua hari, yakni sejak Rabu 25 Juli 208 pukul 12.00 WIB. Kawasan tersebut di bawah pengawasan KPH XIII Dolok Sanggul dan berlokasi Dolok Tolong Hinalang, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).
 

Hingga saat ini, sumber api belum dapat dipastikan darimana berasal. Pemkab Tobasa hanya bisa menurunkan tiga unit pemadam Kebakaran untuk memadamkan api dari titik yang bisa dijangkau. Sementara titik api yang berada di punggung bukit terus menjadi-jadi dan melahap kayu pinus di sekitar.
 

"Masih tiga unit Pemadam kebakaran yang diturunkan," ujar Simanjuntak warga yang ikut berupaya memadamkan api.
 

Simanjuntak menambahkan, sampai saat ini penanganan pemadaman kebakaran hutan pinus Dolok Tolong masih terus dilakukan. Selain warga, Polsek Balige, Dinas Kehutanan Wilayah V, Dinas BNPB Tobasa, Pemadam Kebakaran ditambah bahu membahu memadanian api.

Terpantau, hutan pinus yang sudah terbakar diperkirakan mencapai 50 hektar persegi. Selain hutan, pemukiman warga juga tidak jauh dari titik-titik api.
 

Baca: Anies Sebut Rancang Lapangan Banteng Dari Nol, Fadjroel Rachman Ungkap Karya Fenomenal Ahok

Baca: Ledakan Bom Mengguncang Kedubes AS di Beijing, Tampak Kepulan Asap Tebal

Hingga saat ini, regu pemadam kebakaran yang terdiri dari Damkar Pemkab Tobasa, KPH-IV Balige dan mobil pemadam dari KPH-XIII Dolok Sanggul masih berjibaku memadamkan api. Terbakarnya lahan hutan Pinus yang terjadi siang tadi mengakibatkan asap tebal membubung tinggi.  

Baca: Polwan Ditemukan Tewas Tergantung di Tangga, Jelang Maghrib Duduk Termenung di Gapura Kompleks

Baca: Bangun Dinasti Politik, Anak Mantan Gubernur-Bupati Maju Jadi Caleg

Baca: Putri Hijau Kinantan Minta PSMS Ribak Pemain Lawan saat Bersua Laskar Tridatu

Angin yang kencang juga turut mempersulit pemadaman hingga mengakibatkan api cepat membesar. Apalagi lahan yang kering dan tebal membuat api membesar.

(cr1/tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved