Petani Swadaya Lakukan Replanting Sawit

Petani Swadaya yang tergabung dalam Koperasi Konsumen Anugerah Jaya Mandiri Sejahtera (AJMS) Desa Perlabian

Petani Swadaya Lakukan Replanting Sawit

Laporan Wartawan Tribun Medan / Sofyan Akbar

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Petani Swadaya yang tergabung dalam Koperasi Konsumen Anugerah Jaya Mandiri Sejahtera (AJMS) Desa Perlabian Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Labusel), membuktikan keseriusan melakukan replanting (peremajaan) kelapa sawit, setelah mendapatkan dana dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), sebesar Rp 25 juta/KK yang diserahkan Presiden Joko Widodo, beberapa waktu yang lalu.

Petani Swadaya binaan Asian Agri tersebut, terbilang sangat beruntung. Karena untuk pertama kali di wilayah Sumatera Utara (Sumut) melakukan Peremajaan Sawit Rakyat.

Sekitar 157 hektar dari 79 Kepala Keluarga (KK) untuk perdana menumbangkan pohon kepala sawit yang sudah berusia lebih dari 30 tahun atau sudah tak lagi berproduksi.

Penumbangan pohon tanda dimulainya replanting kelapa sawit disaksikan managemen Asian Agri diwakili Head Estate Departement Asian Agri Simon Sihotang, Kadis Perkebunan dan Perikanan Labusel Asni Harahap, Manager Kebun Tanjung Selamat Andi Prasetyo, Humas Asian Agri, Lidya Veronica, Kades Perlabian Irhamsyah Lubis, Muspika Kecamatan Kampung Rakyat beserta masyarakat (petani) Desa Perlabian.

"Syukur, replanting sudah dimulai sejalan dengan komitmen Asian Agri yang peduli dengan petani mitra dan mendukung program PSR (Peremajaan Sawit Rakyat) pemerintah," kata Head Estate Departement Asian Agri Simon Sihotang, Kamis (27/7/2018).

Menurut Simon Sihotang, inilah bukti keseriusan petani swadaya binaan Asian Agri sebagai "offtaker" dalam merealisasikan program PSR yang dijalankan pemerintah dengan menggunakan dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Di sini, katanya, Asian Agri berperan mendampingi petani swadaya dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan kepengelolaan kebun sawit yang berstandar.

"Penanaman perdana dengan menggunakan bibit unggul Topaz produksi dari Asian Agri, akan digunakan dengan harapan hasil produksi sawit petani bisa lebih tinggi atau mendekati hasil rata - rata kebun inti sekitar 30 ton Tandan Buah Segar (TBS) per hektare per tahun," ujar Simon.

"Asian Agri sangat mengapresiasi dukungan dan bantuan semua pihak khususnya Kepala Desa Perlabian dan Koperasi AJMS yang mendorong petani siap menjalankan PSR," katanya.

Halaman
123
Penulis: Sofyan Akbar
Editor:
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved