Bank Sumut Siap Dukung Transaksi Nontunai

Bank Sumut siap mendukung program pemerintah dalam rangka gerakan nontunai (GNT)

Bank Sumut Siap Dukung Transaksi Nontunai
Tribun Medan/Ayu Prasandi
Pemimpin Divisi Dana dan Jasa Bank Sumut Achmad Ferry Affandi didampingi Pemimpin Bidang Nasabah Prioritas Budi Anshari Nasution dan Kepala Perwakilan (KPw) BI Sibolga, Suti Masniari Nasution beserta Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dari seluruh Kabupaten Kota di Pulau Nias berfoto seusai mengikuti kegiatan sosialisasi pengembangan elektronifikasi transaksi yang diselenggarakan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sibolga di Adimulia Hotel Medan, Senin (30/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Bank Sumut siap mendukung program pemerintah dalam rangka gerakan nontunai (GNT) dengan akan mulai mempersiapkan beberapa program dan produk.

”Bank Sumut akan mempersiapkan infrastruktur guna pengembangan berbagai pilihan produk yang akan diselaraskan untuk memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat maupun pemerintah daerah,” ujar Pemimpin Divisi Dana dan Jasa Bank Sumut Achmad Ferry Affandi didampingi Pemimpin Bidang Nasabah Prioritas Budi Anshari Nasution.

Ia menuturkan, saat ini Bank Sumut memiliki berbagai produk yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pemerintah daerah dalam mengelola keuangannya untuk mendukung program nontunai tersebut.

“Beberapa produk tersebut yaitu Cash Management System (CMS) Kasda yang terhubung dengan aplikasi Simda, Pembayaran Payroll Gaji Pegawai, Host to Host pembayaran PBB melalui jaringan kantor dan e-channel Bank Sumut serta ATM dan SMS Banking,” ujarnya saat menjadi narasumber dalam sosialisasi pengembangan elektronifikasi transaksi yang diselenggarakan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sibolga di Adimulia Hotel Medan, Senin (30/7/2018).

Di sosialisasi yang dihadiri Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD)  dari seluruh Kabupaten Kota di Pulau Nias tersebut, ia menjelaskan, Bank Sumut memiliki berbagai produk yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pemerintah daerah dalam mengelola keuangannya.

“Bank Sumut juga siap memfasilitasi seluruh kabupaten kota yang ada di Sumatera Utara (Sumut) dalam rangka gerakan transaksi non tunai tersebut,” jelasnya. 

Kepala Perwakilan (KPw) BI Sibolga, Suti Masniari Nasution, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, menuturkan, penggunaan elektronifikasi transaksi dan gerakan transaksi nontunai didasari pemikiran bahwa untuk menggerakkan ekonomi.

“Maka transaksi tidak bisa lagi hanya dengan cash melainkan harus ada perluasan akses, jaringan dan cakupan,” tuturnya.

Ia menjelaskan, elektronifikasi transaksi dan gerakan nontunai juga memiliki manfaat diantaranya mengurangi potensi Korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), mengurangi biaya pencetakan dan pemeliharaan uang yang cukup mahal.

“Kemudian juga bisa  lebih transparan dan akurat serta mampu mendorong perekonomian secara makro," jelasnya.

Ia mengatakan, Bank Indonesia mendorong perbankan terutama bank-bank Pembangunan daerah ( BPD) seperti Bank Sumut untuk meningkatkan kualitas sistem IT dalam rangka mendorong Gerakan Transaksi Non Tunai tersebut. (Pra/tribun-medan.com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Ismail
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved