Pileg 2019

Terima Data Empat Bacaleg Eks Narapidana, Begini Penjelasan KPU Siantar

Empat bakal caleg itu telah membuat pemberitaan di media cetak dan menyerahkan hasil putusan telah menjalani masa hukuman.

Terima Data Empat Bacaleg Eks Narapidana, Begini Penjelasan KPU Siantar
Tribun Medan/Royandi Hutasoit
Anggota KPU Pematangsiantar Divisi Teknis, Batara Manurung 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima perbaikan daftar bakal calon legislatif (caleg) oleh partai politik (Parpol). Dari yang diterima, KPU mendata ada empat bakal caleg yang merupakan mantan narapidana kasus narkotika dan perjudian.

Demikian disampaikan Komisioner KPU Siantar, Batara Manurung, Rabu (1/8/2018). Batara menjelaskan empat bakal caleg itu telah membuat pemberitaan di media cetak dan menyerahkan hasil putusan telah menjalani masa hukuman sesuai dengan persyaratan PKPU.

"Ada empat orang napi pemakai narkotika dan Napi kasus judi. Mereka telah membuat pernyataan kemedia cetak, bahwa mereka pernah menjadi Napi. Mereka juga menyerah hasil putusannya semalam,"ujarnya.

Sementara, soal perbaikan daftar calon dan syarat calon anggota serta pengajuan bakal calon pengganti, kata Batara, hampir seluruhnya partai politik mengajukan nama bakal calon pengganti.

"Hampir semua partai mengajukan bakal calon pengganti. Namun yang memenuhi syarat tidak bisa diganti. Kecuali yang bersangkutan mengundurkan diri," paparnya.

Perbaikan daftar calon dan syarat calon anggota serta pengajuan bakal calon pengganti oleh Parpol ke KPU Siantar berlangsung 22 Juli hingga 31 Juli 2018.

"Belum bisa kita sampaikan secara rinci. Karena kita belum rekap secara keselurahan. Kami masih melayani partai yang menyerahkan berkas,"katanya.

Diketahui, dari 393 bacaleg yang didaftarkan, ada 16 Parpol peserta pemilu di Kota Siantar yang tidak memenihi persyaratan.

"Dipastikan berkurang, karena semalam kita sudah periksa ada beberapa yang belum memenuhi syarat. Besok mungkin kita rekap. Hasilnya akan disampaikan ke KPU Propinsi," jelasnya.

Setelah melawati tahapan pendaftaran dan verifikasi calon anggota DPRD Siantar, KPU akan menyampaikan pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) yang dijadwalkan berlangsung 21-23 September 2018. 

(tmy/tribun-medan.com)

BACA BERITA POPULER LAINNYA:

Polisi Gadungan Peras Rp 100 Juta Pria Tua Dituduh Lakukan Asusila, Aksinya Terungkap. . .

Api Obor Asian Games Sambangi Parapat, Bupati JR Saragih Menortor Bersama 8.500 Masyarakat

Foto-foto Menggemaskan Cucu Kedua Jokowi, Anak Kahiyang Ayu yang Baru Lahir Berat 3,4 Kg

Dalam Waktu Empat Jam, Dua Aksi Kejahatan Terjadi di Jalan Sisingamangaraja, Ini Kata Kompol Revi

Irjen Alberto Simanjuntak: Sambutan Masyarakat Sumut Luar Biasa untuk Obor Asian Games

Perempuan Berdarah Minang Ini yang Hanya Mampu Mendampret Rocky Gerung dan Fadli Zon!

Di Prancis Siswa Dilarang Bawa Smartphone ke Sekolah, di Indonesia Kapan ?

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved