Berkat Tambang Emas Martabe, Indri Gagal Jadi TKW

"Nangis aku pertama kali lihat ADT sangat besar. Dalam hati kok perempuan lah disuruh nyetir ini," ungkapnya.

Berkat Tambang Emas Martabe, Indri Gagal Jadi TKW
Tribun Medan/IST
Indri Kirana Dewi, Operator Articulated Dump Truck (ADT) Departemen Mining Tambang Emas Martabe, Batangtoru, Tapanuli Selatan beberapa waktu lalu 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arifin Al Alamudi

TRIBUN-MEDAN.COM, BATANGTORU - Mencari pekerjaan yang layak bagi lulusan SMA di daerah kecil seperti Batangtoru tidak mudah. 

Banyak yang hijrah ke luar kota untuk mencari pekerjaan. Bahkan tak sedikit yang nekat bertaruh nasib menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) di negara tetangga.

Pikiran itulah yang terlintas oleh Indri Kirana Dewi 10 tahun lalu. Untung ada Tambang Emas Martabe yang membuat Indri gagal jadi TKW.

Saat itu ia baru tamat dari SMAN 1 Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Karena keluarga tak punya uang membiayai kuliah, Iapun mencari pekerjaan.

Puluhan lamaran diantarnya ke beberapa tempat yang ada di Sipirok, Padangsidimpuan, Pandan, dan Sibolga. Hasilnya nihil.

Mau mencoba pekerjaan di Medan, tapi tak punya sanak keluarga. Tawaran bekerja jadi TKW tiba-tiba datang dari tetangga yang bekerja di Malaysia. 

Baca: CIMB Niaga Ajak Siswa SMA Santo Thomas 3 Gemar Menabung

"Sempat terpikir mau berangkat. Katanya kerjanya legal di pabrik elektronik. Tapi saya ragu karena banyak berita miring di TV soal TKI. Jadinya enggak berangkat," ungkap Indri yang ditemui Tribun-medan.com pekan lalu.

Akhirnya ia pun tetap menganggur dan terus berharap ada panggilan kerja datang.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mulai dari tahun 2010 hingga 2016 sebanyak 234.451 warga Indonesia bekerja di luar negeri. (Data 2017 dan 2018 belum tersedia).

Halaman
1234
Penulis: Arifin Al Alamudi
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved