BPBD Sumut Gelar Dinner Party untuk Kumpulkan Dana Gempa Lombok

Ini merupakan deklarasi (launching) Sumut Peduli Bencana Lombok. Ini juga merupakan tradisi bagi Sumatera Utara, setiap kali provinsi lain

BPBD Sumut Gelar Dinner Party untuk Kumpulkan Dana Gempa Lombok
TRIBUN MEDAN / HO
Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj) melaunching Gerakan Sumut Peduli Bencana Lombok, sekaligus pemberangkatan pertama bantuan masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) ke Lombok, Jumat (10/8/2018) di halaman parkir Kantor Gubsu, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Satia

TRIBUN MEDAN.com, MEDAN-Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj) Eko Subowo melaunching Gerakan Sumut Peduli Bencana Lombok, sekaligus pemberangkatan pertama bantuan masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) ke Lombok, Jumat (10/8/2018) di halaman Kantor,Jalan Pangeran Diponegoro, KotaMedan. 

Acara yang diawali dengan mengheningkan cipta untuk mendoakan korban dan keluarga korban bencana gempa Lombok itu, menurut Pj Eko Subowo dilansir Humas Gubernur, merupakan ungkapan rasa simpati masyarakat Sumut kepada korban bencana gempa di Lombok. 

"Ini merupakan deklarasi (launching) Sumut Peduli  Bencana Lombok. Ini juga merupakan tradisi bagi Sumatera Utara, setiap kali provinsi lain, saudara-saudara kita yang lain mengalami bencana. Kita membantu untuk meringankan beban mereka," ujarnya.

Selain itu, menurut Eko, kegiatan ini juga untuk menggerakkan seluruh potensi masyarakat termasuk di dalamnya Aparatur Sipil Negara (ASN), BUMN, BUMD untuk memberikan donasi berupa uang atau barang yang diperlukan untuk meringankan beban korban bencana Lombok.

Dikatakannya, bahwa gempa yang terjadi di Lombok juga diikuti sejumlah gempa susulan yang menyisakan trauma bagi masyarakat yang mengalaminya. 

“Tidak meninggalkan korban jiwa, namun banyak sekali yang luka-luka akibatnya dan juga menimbulkan trauma yang menyiksa, mengingat gempa susulan ini biasanya menakutkan, mengancam. Karena pengalaman yang kemarin-kemarin banyak korbannya. Sehingga ketika terjadi gempa susulan itu membuat orang menjadi panik,” ujar Eko.

Baca: Sudirman Marpaung dan Nelayan Temukan Jenazah Maya Daulay, Mahasiswi Hanyut di Sungai Asahan

Baca: Skenario Kubu Sandi Uno Gulingkan Prabowo Terungkap, Andi Arief: Saya Ingin Prabowo Dengar

Eko juga mengatakan, sebagai bentuk simpati terhadap bencana Lombok, Pemprovsu juga membuka posko termasuk didalamnya membuka rekening untuk sumbangan sukarela bagi masyarakat, pegawai, organisasi, BUMN, dan BUMD yang akan menyumbangkan secara sukarela untuk bencana gempa Lombok.

Baca: Robby Purba Menangis Hengkang dari Karma, Mengaku Tak Dihargai dan Sudah Direstui Opung

Baca: Tuntut Perbaikan Sistem Bonus, Pengemudi Ojek Online Geruduk Kantor Gojek

Kepara relawan yang akan berangkat, Pj Gubsu berpesan agar relawan yang akan berangkat ke Lombok untuk mewaspadai gempa-gempa susulan yang mungkin terjadi lagi. 

Baca: Harumkan Kota Binjai, Ruth Purba ke Jakarta Pakai Uang Utangan, Aiptu Nelson: Pinjam Uang Koperasi

“Jangan kita berusaha untuk menolong tetapi kita sendiri menjadi korban,” kata Eko.

Halaman
123
Penulis: Satia
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help