Dugaan Penyelewengan Dana Hibah OKP, Kadispora Mangkir dari Panggilan Penyidik Tipikor

Dimana dana hibah diduga sebesar Rp 540 juta dibagikan KNPI untuk pembinaan OKP, bersumber dari Dispora Binjai.

Dugaan Penyelewengan Dana Hibah OKP, Kadispora Mangkir dari Panggilan Penyidik Tipikor
TRIBUN MEDAN/DEDY KURNIAWAN
Ketua KNPI Binjai hadiri panggilan penyidik Tipikor Polres Binjai terkait dugaan kasus penyelewengan dana hibah OKP, Kamis (2/8/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, LANGKAT - Unit Tipikor Polres Binjai terus mendalami dugaan penyelewengan dana hibah yang dibagi-bagikan KNPI Binjai ke 61 Organisasi Kemasyarakatan dan Pemudaan (OKP).

Dimana dana hibah diduga sebesar Rp 540 juta dibagikan KNPI untuk pembinaan OKP, bersumber dari Dispora Binjai.

Kanit Tipikor Polres Binjai, Iptu Irvan Pane menjelaskan bahwa penyidik telah memeriksa sejumlah ketua-ketua OKP dan juga pihak Dispora Binjai.

Namun Kadispora Binjai, Nani Sundari mangkir dari panggilan, dan hanya tiga orang diduga oknum kepala bidang Dispora yang diutus memenuhi panggilan.

"Kadisporanya gak ada datang, kayaknya cuma kabid-kabid yang datang sudah kami periksa. Itu ada tiga orang yang datang dimintai keterangan," jelas Iptu Irvan Pane, Jumat (10/8/2018)

Dijelaskan Irvan, ketiga oknum Dispora diperiksa seputar dasar hukum pembagian dana hibah yang diserahkan kepada KNPI Binjai.

Dalam kasus ini, Iptu Irvan mempertanyakan keberhakan lembaga yang benar untuk menyalurkan dana pembinaan OKP berdasarkan Undang-Undang ada pada Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Binjai.

Kejanggalannya adalah mengapa Ketua KNPI Binjai yang menyalurkan dana pembinaan terhadap OKP.

"Kita masih dalami alasan hukum mereka untuk membagikan dana hibah. Pengakuan mereka hanya sekitar empat organisasi yang masuk mendaftar untuk pembagian dana hibah itu, ini masih terus didalami soal dasar hukumnya apa. Tadi juga ada ketua-ketua OkP yang datang diperiksa lagi. Setiap hari lah ini akan ada yang diperiksa," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help