Pekan Kebudayaan Aceh

Pekan Kebudayaan Aceh Libatkan Ribuan Pelaku Seni Aceh, Ratusan Seniman Domestik dan Internasinal

Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 7 yang berlangsung pada 5 - 15 Agustus 2018 di Banda Aceh melibatkan puluhan ribu pelaku seni dari Aceh

Pekan Kebudayaan Aceh Libatkan Ribuan Pelaku Seni Aceh, Ratusan Seniman Domestik dan Internasinal
Tribun Medan/HO
Seribuan penari, pemain teater, dan pemusik turut meriahkan pembukaan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu (5/8/2018) malam. 

TRIBUN-MEDAN.COM, BANDA ACEH - Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 7 yang berlangsung pada 5 - 15 Agustus 2018 di Banda Aceh melibatkan puluhan ribu pelaku seni dari Aceh serta ratusan seniman dari domestik dan mancanegara.

“Ribuan pelaku seni Aceh dilibatkan dalam Pekan Kebudayaan Aceh kali ini yang bekerja sesuai tupoksi mereka masing-masing. Event ini tentu kesempatan bagus bagi mereka khususnya daerah Aceh untuk menampilkan keunikan kreativitas seni masyarakat Aceh kepada dunia internasional,” kata Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Amiruddin melalui Kepala Seksi Nilai Budaya Disbudpar Aceh, Evi Mayasari, Kamis (09/08/2018) di Banda Aceh.

Baca: Arena PKA VII Juga Sajikan Aneka Peninggalan Sejarah Menarik Kota Langsa

Baca: Selain Ragam Budaya, PKA VII Juga Promosikan Keindahan Wisata Bahari Aceh

Dia menyebutkan, berdasarkan data dari Sekretariat Panitia PKA-7, setidaknya 10.828 orang talent dan peserta berbagai kegiatan yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan PKA-7. Sebanyak 8.178 orang merupakan perwakilan dari 23 kab/kota se-Aceh.

“Mereka mengikuti berbagai kegiatan di Lomba Atraksi Budaya yang memiliki 23 mata lomba, Pameran dan Eksibisi mempunyai 13 sub kegiatan, serta Festival Seni dan Budaya menampilkan 12 kegiatan,” sebut Evi.

Di perhelatan pembukaan saja, dia merincikan, ada 2.509 orang yang terlibat. Mereka di antaranya terdiri 1.150 orang peserta defile 23 kab/kota, 1.000 penari massal, 100 penari guel, 58 duta wisata, 44 orang Paskibra, 25 orang tim Rapai Pasee, hingga Tim Shalawat Badar 20 orang.

Selain itu ada juga peserta dari nasional berjumlah 72 orang, yang berasal dari Yogyakarta, Jakarta, dan Kepulauan Riau. “Ada juga peserta dari luar negeri sebanyak 69 orang yang berasal Malaysia, Brunai Darussalam, dan Tatarstan,” sebutnya.

Keikutsertaan sejumlah seniman lokal itu menurutnya ajang apresiasi bagi pelaku seni dan budaya Aceh. Pertunjukan mereka diharapkan dapat memancing minat masyarakat dari luar Aceh untuk menjadikan Aceh sebagai tujuan wisata unggulan, sehingga turut membantu perekonomian Aceh hingga setelah event PKA-7 berlalu.(*)

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved