Pembangunan Monumen KM Sinar Bangun Terkendala Dana, JR Saragih Hubungi Pihak Swasta

Permohonan bantuan dana tersebut dalam bentuk Corporate Sosial Responsibility (CSR).

Pembangunan Monumen KM Sinar Bangun Terkendala Dana, JR Saragih Hubungi Pihak Swasta
Tribun Medan/Royandi Hutasoit
Sekda Simalungun Gideon Purba 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Bupati Simalungun JR Saragih tengah menghubungi perusahaan swasta untuk membantu pembangunan monumen KM Sinar Bangun di Pelabuhan Tigaras.

Permohonan bantuan dana tersebut dalam bentuk Corporate Sosial Responsibility (CSR).

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Simalungun, Gideon Purba saat ditemui usai mengikuti pemaparan hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) di Pemkab Simalungun, Selasa (14/8/2018).

"Pak bupati berusaha menghubungi swasta-swaata. Anggaran itu non budget, Pemkab yang mengusahakan CSR pihak swasta. Sudah ada yang setuju seperti PTPN, Bank Sumut, Bank BNI," katanya.

Gideon juga mengungkapkan keuangan Pemkab Simalungun tak mampu untuk menanggung biaya pembangunan monumen.

Padahal, pada peletakan batu pertama 42 hari yang lalu, JR Saragih memastikan seluruh monumen ditanggung Pemkab Simalungun.

"Ketika kita bedah anggaran kita, ternyata tak cukup. Tidak mampu untuk itu. Bisa saja digeser. Tapi, tidak mampu," tambahnya seraya memastikan monumen itu akan rampung sebelum Desember.

Sementara di tempat yang sama, Ketua Panitia Pembangunan Monumen KM Sinar Bangun, Mudahalam Purba mengatakan pembangunan monumen akan dikerjakan pemerintah pusat. Pemerintah Kabupaten Simalungun sebagai panitia pembangunan.

"Pusat yang membangun. Pemkab sebagai panitia artinya kami semua membentuk CSR. Sudah kita layangkan surat ke PTPN 1, 2 dan pihak bank. Kita panitia dalam hal ini. Panitia pembangunan," ujarnya.

Seperti diketahui, berjanji setelah peletakan batu pertama selama 70 hari monumen tersebut rampung dikerjakan. Namun, hingga kini belum ada pengerjaan. Desain monumen itu tengah dikerjakan Insitut Teknik Bandung (ITB). 

(tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved