73 Tahun Indonesia

Keturunan Pejuang yang Nyaris Tergusur, Upacara Dibalut Nuansa Adat di Kawasan Danau Toba

Semangat Kemerdekaan itu juga dirasakan oleh masyarakat adat Sihaporas keturunan Ompu Mamotang Laut Ambarita.

Keturunan Pejuang yang Nyaris Tergusur, Upacara Dibalut Nuansa Adat di Kawasan Danau Toba
Tribun Medan/Arjuna Bakkara
Masyarakat adat yang terhimpun dalam Lembaga Adat Lamtoras menggelar upacara 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.COM, SIHAPORAS - Gegap gempita Peringatan Hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia mulai dari pelosok desa-desa sampai kota-kota besar mulai tampak terlihat. Pegibaran Bendera Merah Putih di tiap-tiap rumah, hiasan-hiasan serta kegiatan atau acara-acara sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun untuk memeriahkan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus,

Masyarakat Indonesia larut dalam efouria perayaan Kemerdekaan. Semangat Kemerdekaan itu juga dirasakan oleh masyarakat adat Sihaporas keturunan Ompu Mamotang Laut Ambarita di Kawasan Danau Toba di Sihaporas, Simalungun, Jumat (17/8/2018).

Menurut Roganda Simanjuntak, Ketua Aliansi Masyarakay Adat Nusntara (AMAN) hal ini diwujudkan masyarakat adat Sihaporas dengan melaksanakan Upacara Kemerdekaan di tanah adat mereka.

tepatnya hari 17 Agustus 2018, masyarakat adat Sihaporas dengan berpakaian adat Batak Toba lengkap dan dengan antusias melaksanakan Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73.

Amata Tribun, mereka memakai pakaian adat ini dilakukan sebagai wujud dari menunjukan rasa bangga akan Identitas aslinya sebagai masyarakat adat Batak Toba. Upacara berjalan khitmad dan tampak masyarakat adat Sihaporas sangat menghayati setiap momen dalam Upacara tersebut.

"Hal ini dilakukan masyarakat adat Sihaporas Keturunan Ompu Mamotang Laut Ambarita sebagai bentuk dari rasa cinta kepada tanah air Indonesia," ujar Roganda.

Katanya, bagaimanpun juga masyarakat adat Sihaporas merupakan bagian dari Indonesia dan juga para leluhur atau pendahulu dari masyarakat adat Sihaporas ikut juga mengangkat senjata dan bertumpah darah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Namun saat ini nilai-nilai Kemerdekaan yang dirasakan oleh masyarakat adat Sihaporas dan juga masyarakat adat lainya di seluruh Nusantara masih hanya seperti perayaan seromonial saja.

Meskipun Negara Republik Indonesia telah merdeka selama 73, akan tetapi nilai-nilai Kemerdekaan sesungguhnya belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat terkhusunsya masyarakat adat.

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved