Perusahaan Daerah Siantar Terus Merugi, Pemko Siantar Cari Alumni Ekonomi dan Hukum

Padahal, Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ) dan Aneka Usaha (PAUS) terus berganti pengurus.

Perusahaan Daerah Siantar Terus Merugi, Pemko Siantar Cari Alumni Ekonomi dan Hukum
Tribun Medan / Tommy Simatupang
Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Pematangsiantar, Adyaksa Purba saat ditemui waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Adyaksa Purba mengaku hingga saat ini dua perusahaan daerah di Siantar terus mengalami kerugian.

Padahal, Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ) dan Aneka Usaha (PAUS) terus berganti pengurus.

Adyaksa beralasan tidak adanya kontribusi perusahaan daerah terhadap Pemko Siantar karena dua perusahaan tersebut masih tergolong baru.

Katanya, PD PHJ masih berusia tiga tahun dan PD PAUS empat tahun.

"Jangan salah kita memahami perusahaan daerah. Dimana perusahaan daerah satu atau dua tahun langsung untung. Contoh, kita bangunlah rumah makan apa sudah langsung untung. Belum tentu tahun ke empat baru untung,"katanya saat ditemui di Gedung DPRD Siantar, Kamis (23/8/2018).

Padahal, Pasar Horas sebagai ikonik Siantar masih menjadi tujuan belanja masyarakat sekitar Tapanuli. Namun, hingga kini Pasar Horas tetap mengalami kerugian.

Adyaksa juga menyinggung tentang PD Air Minum Tirtauli yang berusia 17 tahun. Ia mengaku hingga saat ini PDAM Tirtauli hanya menyumbang Rp 56 juta.

"Harus kita dorong dulu. PDAM 17 tahun baru bisa meberikan kontribusi. Kontribusi mereka setengah dari laba. Kalau PD PAUS dan PDPHJ belum kita terima karena masih rugi"ungkapnya.

Pemerintah Kota Siantar segera melakukan lelang jabatan pejabat direksi di Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ) dan PD Aneka Usaha (PAUS) senin (27/8/2018) mendatang. Para peserta akan melewati dua tahap seleksi yakni Administrasi dan Uji Keleyakan dan Kepatutan (UKK).

Sekretaris Daerah Kota Siantar, Budi Utari mengatakan tidak ada persyaratan penting untuk menjabat sebagai direksi. Hanya katanya, dari sisi disiplin ilmu, Pemko Siantar mencari lulusan Ekonomi dan Hukum.

"Makanya kita lagi membuka besar2an untuk warga siantar yang peduli dengan siantar. kita undangan sebanyak-banyaknya,"katanya via seluler.

Budi juga mengatakan seleksi akan berlangsung selama satu bulan.

"Kita berharap memang dua perusahaan ini dapat memberikan kontribusi di pejabat baru. Kita akan lihat dari konpetensi para peserta,"pungkasnya.

(tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved