Pileg 2019

Siap-siap, KPU akan Tetapkan Caleg Tetap 20 September

Jafar Siddik Saragih mengatakan KPU tidak lagi menerima laporan masyarakat terhadap 339 caleg yang akan ditetapkan.

Siap-siap, KPU akan Tetapkan Caleg Tetap 20 September
Tribun Medan/Royandi Hutasoit
Anggota KPU Pematangsiantar Divisi Teknis Batara Manurung 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar akan menetapkan 339 calon legislatif (caleg) sementara menjadi calon tetap.

Penetapan itu akan dilaksanakan pada 20 September 2018.

Komisioner KPU Siantar Divisi Data, Jafar Siddik Saragih mengatakan KPU tidak lagi menerima laporan masyarakat terhadap 339 caleg yang akan ditetapkan.

Jafar mengungkapkan hingga saat ini tidak ada laporan masyarakat.

“Waktu yang diberikan kepada masyarakat untuk menanggapi DCS yang kita umumkan telah berakhir. Tidak ada tanggapan yang masuk. Apakah DCS itu yang akan ditetapkan jadi DCT, sebaiknya itu ditanyakan ke divisi teknis,"katanya, Kamis (30/8/2018).

Senada dengan itu, Komisioner KPUD Kota Pematangsiantar Divisi Teknis, Batara Manurung menegaskan jika sepanjang tanggapan masyarakat tidak ada, maka KPU akan menetapkan DCS menjadi DCT.

“Namun kalau ada tanggapan masyarakat yang dilengkapi dengan bukti yang konkrit yang dapat menggugurkan DCS, maka KPU akan melakukan klarifikasi kepada parpol pengusung. Jika ternyata menggugurkan DCS, parpol dapat mengganti si calon tersebut,” ujarnya.

Yang dapat menggugurkan calon, kata Batara, adalah adanya bukti pengadu untuk tiga hal yakmi pertama terbukti pelaku korupsi, kedua bandar narkoba dan ketiga terbukti melakukan kekerasan seksual pada anak, yang ancaman hukumannya diatas lima tahun.

Dari 339 caleg di antaranya 17 caleg PKB, 30 Gerindra, 30 PDI Perjuangan, 30 Golkar, 30 Nasdem, 16 Partai Garuda, 5 Partai Berkarya, 13 PKS, 30 Perindo, 24 PPP, 26 PSI, 29 PAN, 29 Hanura, 30 Demokrat, 19 PBB, dan 10 Caleg dari PKPI.

Nama-nama ke 339 Caleg dari 16 Partai Politik (Parpol) itu dipastikan akan masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) yang akan bertarung pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

(tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved