Perbukitan Danau Toba di Silalahi Sempat Terbakar, Ini Imbauan BPBD Dairi

Kita imbau masyarakat setiap kesempatan agar lebih berhati-hari. Terlebih dalam musim kebakaran.

Perbukitan Danau Toba di Silalahi Sempat Terbakar, Ini Imbauan BPBD Dairi
Tribun Medan
Perbukitan Danau Toba di Desa Silalahi Kabupaten Dairi terbakar, Sabtu (1/9/2018) malam 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dairi mengimbau masyarakat di sekitar kawasan perbukitan Desa Silalahi untuk selalu waspada.

Imbauan itu disampaikan Kepala BPBD Dairi, Bahagia Ginting, setelah pada Sabtu (1/9/2018) malam sempat terjadi kebakaran di perbukitan Danau Toba, yang kali ini merambat ke kawasan Desa Silalahi.

"Kita imbau masyarakat setiap kesempatan agar lebih berhati-hari. Terlebih dalam musim kebakaran," kata Bahagia, Senin (3/9/2018).

Menurutnya, tidak sedikit masyarakat yang tinggal di Desa Silalahi, Kabupaten Dairi. Sehingga apabila suatu waktu kembali terjadi kebakaran dan meluas sampai kepemukiman atau pun perladangan warga tentunya sangat membahayakan.

Walaupun, pihaknya tidak mengetahui secara pasti penyebab perbukitan Danau Toba di Desa Silalahi itu terbakar.

"Secara fungsional tetap kita lakukan pemantauan, melalui anggota kita dua orang yang stay di Silalahi," sebutnya.

Sebelumnya, kebakaran perbukitan di sekitar Danau Toba kembali terjadi dan direkam oleh Sekretaris Eksekutif Yayasan Pencinta Danau Toba, Jhohannes Marbun pada Sabtu (1/9/2018) sekitar pukul 19.00 WIB.

Menurut Johannes Marbun, kejadian di daerah itu sudah berlangsung selama dua hari. Kebakakaran semakin meluas menuju pebukitan dan terkadang api menyasar ke segala arah.

"Sepertinya tidak ada upaya untuk menghentikan rambatan api dari Pemerintah Dairi. Kami lihat api sudah mulai turun ke arah bawah," ujar pria yang akrab disapa Joe ini.

Belum dipastikan berapa hektar jumlah serta apa saja yang terbakar.

Penyebab terbakarnya perbukitan belum diketahui. Dilihat dari video tersebut, pantulan api juga tampak memantul di Perairan Danau Toba.

Disebutnya, api terus merambat sesuai arah angin. Apalagi, musim kemarau masih terus berlangsung sehingga api dengan cepat merambat.

(cr8/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved