Pengalaman Kerjasama dengan Universitas Eropa, USU Hadir di PT Sumut, Aceh dan Padang

Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi tuan rumah kegiatan diseminasi kerjasama dengan perguruan tinggi di Eropa

Pengalaman Kerjasama dengan Universitas Eropa, USU Hadir di PT Sumut, Aceh dan Padang
Sejumlah perwakilan perguruan tinggi mengikuti acara kegiatan diseminasi kerjasama dengan perguruan tinggi di Eropa atas pembiayaan Erasmus+ pada proyek Advancing University Financial Management Practices in Southeast Asia (ADVANSE) di USU. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi tuan rumah kegiatan diseminasi kerjasama dengan perguruan tinggi di Eropa atas pembiayaan Erasmus+, yaitu  proyek Advancing University Financial Management Practices in Southeast Asia (ADVANSE).

Acara tersebut digelar di ruang rapat senat Akademik lantai 2 Biro Pusat Administrasi USU, Selasa (4/9/2018).

Selain dihadiri oleh pihak USU selaku institusi partner proyek ADVANSE, kegiatan diseminasi ini juga diikuti oleh sejumlah perguruan tinggi yang ada di Sumatera Utara, Aceh, dan Padang.

Hadir pada kegiatan itu perwakilan dari kantor urusan internasional (KUI) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh, Politeknik Negeri Padang, Universitas Methodist Indonesia (UMI), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), dan Politeknik Negeri Medan (Polmed).

Kepala Kantor Urusan Internasional (Internasional Affair Office-IAO) USU Dr Esther Sorta Mauli Nababan mengatakan kegiatan diseminasi ini bertujuan untuk berbagi informasi dan pengalaman USU tentang pengajuan kerjasama proyek dengan universitas di Eropa atas dana dari Erasmus+ dengan kampus-kampus lain di Indonesia.

"Ini termasuk program internasionalisasi USU. Tujuannya sharing informasi tentang pengalaman melaksanakan proyek kerjasama CBHE (Capacity Building for Higher Education) dengan universitas di Eropa kepada kampus-kampus lain," ujarnya kepada Tribun Medan, Selasa (4/9/2018).

Esther juga menjelaskan, kalau kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memperluas jaringan perguruan tinggi di Indonesia dengan perguruan tinggi di luar negeri.

Dari program tersebut, kata Esther, USU mendapatkan training (capacity building) dibidang pengelolaan sistem keuangan perguruan tinggi, transparansi, sistem auditing, hingga bagaimana menghasilkan pemasukan (generate income) untuk universitas.

"Benefit bagi USU meningkatkan wawasan dan kualitas pada sistem pengelolaan keuangan, Transparansi, sistem auditing dan akunting. Kita belajar dari negara maju, kita buat komparatif analisis terkait sistem pengelolaan keuangan perguruan tinggi mereka, karena mereka sudah ada standar yang baik," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved