Sering Dilibatkan dalam Seleksi Pejabat, Runtung Sitepu: USU Banyak Utus Dosen Menjadi Tim Penilai

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Runtung Sitepu mengatakan dalam proses seleksi lelang jabatan

Sering Dilibatkan dalam Seleksi Pejabat, Runtung Sitepu: USU Banyak Utus Dosen Menjadi Tim Penilai
Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Runtung Sitepu 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Irvan Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Runtung Sitepu mengatakan dalam proses seleksi lelang jabatan yang ada dilingkungan pemerintahan provinsi maupun kabupaten/kota di Sumatara Utara, umumnya USU dilibatkan sebagai tim assesment atau tim penilai.

"Umumnya untuk unsur akademisi mintanya ke USU. Jadi dilibatkan dalam tim lelang jabatan itu. Dilibatkan sebagai tim penilai atau assesment di kabupaten/kota dan Provinsi. Tapi sampai saat ini belum ada permintaan lagi," ujarnya kepada Tribun Medan, Sabtu sore (8/9/2018).

Proses lelang jabatan itu, kata Runtung biasanya untuk pejabat-pejabat eselon dua maupun sekretaris daerah. Berkaca dari sebelumnya, jika ada permintaan, maka USU akan mengurus Dosen-dosen yang dianggap kompeten.

"Biasanya untuk eselon dua, kepala dinas di tingkat kabupaten kota. Sekda pun juga. Untuk lelang itu kan ada tim yang memberikan penilaian. Kalau ada permintaan dari pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota itu kita buatkan SK nya sesuai kriteria yang diminta. Dosen dari fakultas hukum juga pernah, Fisip dan Ekonomi juga pernah," terangnya.

Tak hanya lelang jabatan di pemerintahan daerah, Runtung juga mengatakan dosen-dosen USU juga ikut dilibatkan dalam tim assesment pada proses seleksi anggota komisi pilihan umum daerah.

"Termasuk seleksi KPU baik diprovinsi maupun kabupaten/kota juga banyak dosen USU yang dilibatkan," sebutnya.

Dalam setiap proses seleksi, selaku rektor Runtung menegaskan, dosen USU yang diutus selalu diberikan bekal dan diingatkan supaya tidak melakukan penyimpangan. Runtung juga menekankan agar akademisi USU yang masuk ke dalam tim penilai itu selalu objektif dalam memberikan penilaian terhadap para calon pejabat.

"Sampai saat ini memang tidak pernah ada masalah dalam proses yang melibatkan USU di dalamnya sebagai tim penilai. Memang kita harus memberi bekal kepada mereka untuk betul-betul objektif dalam memberi penilaian. Jangan sekali-sekali menyimpang dari objektifitas itu kita tekankan," pungkasnya.

(Cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved