PLTA Batang Toru Mampu Hemat Belanja Bahan Bakar Pemerintah Sebesar USD 350-400 Juta Per Tahun

PLTA Batang Toru itu nantinya akan memiliki kapasitas tenaga listrik yang akan dihasilkan oleh PLTA tersebut sebesar 510 MW

PLTA Batang Toru Mampu Hemat Belanja Bahan Bakar Pemerintah Sebesar USD 350-400 Juta Per Tahun
Tribun Medan/Chandra Irvan Simarmata
MoU percepatan pembanguan proyek PLTA Batangtoru. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Chandra Irvan Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -Universitas Sumatera Utara (USU) bersama PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mempercepat proyek pembangunan PLTA dengan kapasitas 510 Mega Watt (MW) tersebut.

Direktur PT NSHE, Sarimuddin Siregar, Rektor USU, Prof Runtung Sitepu, dan Bupati Tapsel, Syahrul M. Pasaribu menandatangani MoU tersebut, disaksikan oleh Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu, Ketua MWA USU, Panusunan Pasaribu, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Utara, Binsar Situmorang bertempat di Biro Rektor USU, Senin (10/9/2018).

Prof Runtung menyambut baik dilakukannya penandatanganan MoU tersebut. Prof Runtung mengklaim PT NSHE tidak salah memilih USU sebagai mitra untuk memberikan masukan dan bahkan kritikan, bila proyek pembangunan PLTA tersebut tidak berjalan semestinya.

“MoU ini tidak akan berarti bila tidak ditindaklanjuti dengan kerjasama. Karena, secara moral, USU memang harus dilibatkan untuk membangun Sumut,” ungkapnya.

Prof Runtung menyakini bahwa PLTA Batang Toru itu nantinya akan memberikan nilai tambah, tidak hanya bagi masyarakat sekitar, namun juga bagi masyarakat Sumatera Utara dan bahkan Sumatera. Karena, kapasitas tenaga listrik yang akan dihasilkan oleh PLTA tersebut sebesar 510 MW, atau lebih besar dari tenaga listrik yang dihasilkan dari kapal pembangkit listrik (Marine Vessel Power Plant - MVPP) Onur Sultan, yang berkapasitas 240 MW.

Viral Penjual Ombus-Ombus Nyanyi Lagu Jokowi di Pasar, Liriknya Mulai dari BPJS Sampai Gempa Lombok

CPNS 2018 - Berita CPNS Terbaru, Tips Mendaftar di http//sscn.bkn.go.id Agar tak Gagal Seperti 2017

Tangis Hotman Paris Pecah, Rachmawati Tawanan Suami yang Diawasi 4 Brimob Selamat, Videonya Viral

Kapal itu disewa oleh PT Pembangkit Listrik Negara (PLN) dari Pemerintah Turki selama lima tahun. “Dengan catatan, pendekatan kepada masyarakat harus dilakukan. Maka, kehadiran PLTA ini akan menjadi nilai tambah kepada masyarakat. Bisa jadi, kawasan PLTA itu juga dijadikan sebagai kawasan wisata,” terangnya.

Sandiaga Jadikan Isu Ekonomi Nasional Lesu Penyebab OK OCE Mart Sepi, Guntur Romli: Propaganda Busuk

Ternyata Efeknya Luar Biasa saat Mau Menanam Cabai Ditabur Ampas Kelapa, Simak Caranya!

Bupati Tapsel, Syahrul M. Pasaribu mengungkapkan untuk memastikan kelayakan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) dari proyek pembangunan PLTA Batang Toru tersebut,  ia mengundang para akademisi untuk meninjau langsung ke lapangan. Dengan begitu, maka para akademisi dari USU bisa memberikan saran dan kritik yang tidak bias. Karena, bagaimanapun, keberadaan PLTA Batang Toru tersebut merupakan bagian dari program prioritas nasional untuk mengatasi masalah kelistrikan nasional.

Polisi Gerebek Kampung Narkoba, Pengedar dan Pengguna Lari Tunggang Langgang

3 Ribu Jamaah Ikuti Pawai Obor Keliling Lubukpakan Semarakkan Malam 1 Muharram

Untuk Diketahui, PLTA Batangtoru adalah pembangkit listrik yang masuk dalam kategori energi baru terbarukan. PLTA ini dirancang dan dikembangkan sebagai bentuk kepedulian NSHE dalam mengantisipasi perubahan iklim (climate change) dan pemanasan global (global warming), yang telah menjadi isu penting di seluruh dunia sejak beberapa tahun terakhir.

Ephorus GKPS Bangga Gubernur Sumut Hadiri Pesta Jubelium 115 Tahun Injil di Simalungun

“Kami undang akademisi USU untuk melihat secara objektif secara langsung ke lapangan, baru memberikan saran dan kritikan, supaya kritikannya tidak bias. Karena, niat kita untuk pembangunan, bukan untuk mencari pemasukan dari kritikan tersebut,” ujarnya.

Halaman
1234
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved