Tentang Kuota Formasi CPNS USU, Ini Kata Rektor Runtung Sitepu

Setelah diajukan barulah dari Kemenristekdikti yang menginformasikan jumlah kuota formasi CPNS bagi USU.

Tentang Kuota Formasi CPNS USU, Ini Kata Rektor Runtung Sitepu
Tribun Medan / Arjuna
Rektor USU Prof Runtung Sitepu 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Irvan Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Runtung Sitepu mengatakan sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan data tentang kuota formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk USU dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan tinggi (Kemenristekdikti).

"Iya, sampai sekarang kita belum ada mendapatkan data tentang formasi CPNS untuk USU," ujarnya Selasa petang (11/9/2018).

Runtung menjelaskan, setiap tahun mereka umumnya langsung mengajukan lebih dulu jumlah kebutuhan formasi dosen maupun pegawai tenaga kependidikan ke Kemenristekdikti.

Setelah diajukan barulah dari Kemenristekdikti yang menginformasikan jumlah kuota formasi CPNS bagi USU.

"Alur vertikalnya, rektor langsung ke Menristekdikti," imbuhnya.

Lebih lanjut kata Runtung, jika melihat kebutuhan, USU sebenarnya butuh banyak dosen dan tenaga kependidikan. Berdasarkan kebutuhan dari berbagai prodi kalau memungkinkan dirinya pun berharap pada pemerintah, USU bisa mendapat kuota formasi untuk 50 orang dosen.

Apalagi menurutnya sejak beberapa tahun terakhir sudah banyak dosen dan tenaga kependidikan yang memasuki masa pensiun.

"Kalau kebutuhannya banyak. Mudah-mudahan dapat formasi kita tahun ini. Yang saya tahu sejak 2016 itu gak ada penerimaan. Tahun 2017 kita dapat jatah 19 orang dosen, itupun tidak terisi semua, kalau tidak salah hanya 11, karena persyaratan diminta untuk dosen diprogram studi tertentu terlalu tinggi," terangnya.

Runtung pun mencontohkan sewaktu dirinya masih menjabat Dekan di fakultas hukum dari tahun 2005 saja jumlah dosen PNS 129. "Sekarang hanya tinggal 90 orang. Itu baru satu prodi, USU itu fakultasnya saja ada 15," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved