Bawaslu Temukan Pemilih Ganda hingga 5 Ribuan di Deliserdang

Selain itu juga ada karena warga itu pindah ke tempat lain. Jadi domisili awal belum dihapus. Ini bisa terjadi karena warga tidak melapor saat pindah.

Bawaslu Temukan Pemilih Ganda hingga 5 Ribuan di Deliserdang
TRIBUN MEDAN/INDRA GUNAWAN SIPAHUTAR
KPU Deliserdang menggelar rapat membahas kegandaan Daftar Pemilih Tetap untuk pemilu 2019, Rabu (12/9/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar 

 
TRIBUN-MEDAN.com,LUBUKPAKAM - Jumlah kegandaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2019 di Kabupaten Deliserdang ternyata mencapai ribuan. Hal ini sesuai dengan temuan dari Bawaslu Deliserdang.

Komisioner BAWASLU Deliserdang, Erina Kartika Sari menyebut kalau pihaknya menemukan kegandaan Daftar Pemilih Tetap di Kabupaten Deliserdang sebanyak 5.820 pemilih. Disebut banyak hal mengapa kemudian jumlah kegandaan DPT bisa sebanyak itu. 

Salah satunya adalah karena human error dimana tim silon KPU Deliserdang kurang cermat ketika menginfut data.

“Selain itu juga ada karena warga itu pindah ke tempat lain. Jadi domisili awal belum dihapus. Ini bisa terjadi karena warga tidak melapor saat pindah. Selain itu ada Pemerintah Desa tidak melaporkan warganya yang sudah meninggal dunia. Ya memang di Kabupaten Kota lain pun terjadi juga hal serupa seperti ini,”ujar Erina Rabu, (12/9/2018).

Untuk membahas persoalan kegandaan DPT di Kabupaten Deliserdang ini pihak KPU dan Bawaslu pun mengundang berbagai pihak untuk mensingkronkan temuan. Selain Partai Politik (Parpol), Lapas, Rutan serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Pada pertemuan itu KPU Deliserdang pun meminta saran dari masing-masing pihak.

“Ya kita tadi tanya juga sama Parpol apakah ada temuan mereka, apakah ada konstituen mereka yang ganda sebagai pemilih. Karena yang kita temukan itu kegandaan terjadi karena warga pindah tidak pakai administrasi atau tidak melapor. Atau selama ini dia berada di Lapas,”kata Bobby.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved