Kampung Utte Rudang Segera Dialiri Listrik, Respons Warga Terkejut sekaligus Sangat Bahagia

Tiap salat saya selalu berdoa, supaya kampung kami ini masuk listrik. Alhamdulillah doa itu dikabulkan.

Kampung Utte Rudang Segera Dialiri Listrik, Respons Warga Terkejut sekaligus Sangat Bahagia
Manajer Area PLN Padangsidimpuan Ronny Afrianto saat meninjau pengaliran listrik di Kampung Utte Rudang, Desa Pargarutan Dolok, Angkola Timur, Tapanuli Selatan, Rabu (12/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Nanda F. Batubara

TRIBUN-MEDAN.com, TAPANULI SELATAN - Rona bahagia terpancar jelas dari wajah sejumlah warga di Kampung Utte Rudang, Desa Pargarutan Dolok, Angkola Timur, Tapanuli Selatan, Rabu (12/9/2018).

Harapan mereka selama bertahun-tahun akhirnya terwujud. Kampung tersebut akan segera dialiri listrik.

Anak-anak di Utte Rudang, Angkola Timur, Tapanuli Selatan, Minggu (2/9/2018). Utte Rudang belum dialiri listrik sejak Indonesia Merdeka, padahal berjarak sekitar lima kilometer dari Kantor Bupati Tapanuli Selatan.
Anak-anak di Utte Rudang, Angkola Timur, Tapanuli Selatan, Minggu (2/9/2018). Utte Rudang belum dialiri listrik sejak Indonesia Merdeka, padahal berjarak sekitar lima kilometer dari Kantor Bupati Tapanuli Selatan. ()

"Tiap salat saya selalu berdoa, supaya kampung kami ini masuk listrik. Alhamdulillah doa itu dikabulkan. Kami sangat senang, senang sekali. Akhirnya anak-anak bisa belajar dengan terang, mengaji dengan terang, bisa menonton TV," ujar Nurmasari Sormin, warga Kampung Utte Rudang saat berbincang di depan rumahnya.

Hal senada juga diungkapkan Rohana Siregar. Ia masih tak percaya harapan mereka dikabulkan PLN Padangsidimpuan.

"Kami tidak menyangka akan masuk listrik. Kami terkejut, bahagia. Saya belum memikirkan akan beli TV atau yang lain, yang terpenting anak-anak kami sekarang sudah bisa belajar dengan terang, mengaji dan salat tanpa gelap-gelapan lagi," ujarnya.

Utte Rudang merupakan kampung yang berada di Dusun Kantin, Desa Pargarutan Dolok, Angkola Timur, Tapanuli Selata. Sejak Indonesia merdeka, kampung ini belum dialiri listrik. Padahal, Utte Rudang berada tak jauh dari Kantor Bupati Tapanuli Selatan. Hanya berjarak tak lebih dari lima kilometer.

Meski luput dari perhatian Pemkab Tapanuli Selatan, kondisi Utte Rudang akhirnya sampai ke telinga jajaran PLN Padangsidimpuan.

Tanpa menunggu lama, PLN Padangsidimpuan langsung bergegas mengaliri listrik ke kampung tersebut.

"InsyaAllah, kalau tidak ada kendala, Senin sudah tuntas," ujar Manajer Area PLN Padangsidimpuan Ronny Afrianto saat meninjau langsung proses pengaliran listrik di Utte Rudang.

Untuk mengaliri listrik ke Utte Rudang bukan hal mudah. Selain infrastruktur jalan yang kurang baik, pepohonan di sekitar lokasi juga menjadi hambatan. Oleh karena itu, Ronny pun mengapresiasi warga yang bahu-membahu untuk membantu pengaliran listrik ke kampung tersebut.

Amatan Tribun Medan, 35 unit tiang listrik telah ditancap menuju kampung Utte Rudang. Panjang kabel yang dipasang mencapai 1616 meter. Jenis kabel yang digunakan berjenis kabel tegangan rendah.

"Kami tidak tahu bagaimana membalas kebaikan bapak-bapak dari PLN ini. Kami berdoa agar Tuhan yang membalas kebaikan mereka," ujar warga Utte Rudang lainnya, Mahin Harahap.

(nan/tribun-medan.com)

Penulis: Nanda Fahriza Batubara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved