Nasdem Ancam Penjarakan Rizal Ramli, Diduga Mendiskreditkan Jokowi dan Surya Paloh

Partai Nadem menyasar Rizal Ramli gara-gara pernyataanya yang diduga mendiskreditkan Surya Paloh dan Presiden Joko Widodo.

Nasdem Ancam Penjarakan Rizal Ramli, Diduga Mendiskreditkan Jokowi dan Surya Paloh
Tribun Medan
Kolase Rizal Ramli dan Surya Paloh 

TRIBUN-MEDAN.COM - Ancaman serius datang dari Partai Nadem menyasar Rizal Ramli gara-gara pernyataanya yang diduga mendiskreditkan  Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Presiden Joko Widodo.

//

Kalahan Dewan Pengurus Pusat Partai Nasdem siap melakukan langkah-langkah hukum terkait pernyataan Rizal Ramli melalui lisan maupun tulisan.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Badan Advokasi Hukum Partai Nasdem, Hermawi Taslim dalam konferensi pers yang digelar di DPP Partai Nasdem, Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa (11/9/2018).

Sebelum mengambil langkah hukum lebih jauh, Partai Nasdem terlebih dahulu akan segera melayangkan somasi kepada Rizal Ramli untuk mengklarifikasi dan menarik kembali pernyataannya.

"Somasinya sudah kami siapkan tinggal menunggu momentum, Kami sebagai sayap partai menunggu instruksi partai. Kami dalam tempo yang sangat segera siap menyampaikan somasi kepada RR untuk mempertanggungjawabkan, mengklarifikasi semua penodaan, penistaan dan pengrusakan kehormatan terhadap Ketua Umum," ujar Hermawi Taslim.

Baca: Daftar Orang Terkaya: Martua Sitoros No 16, Nih Posisi Sandiaga Uno & Jusuf Kalla di Globe Asia

Menurutnya, pernyataan Rizal Ramli setidaknya telah memenuhi dua unsur delik dalam Bab XVI tentang Penghinaan, Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), yakni Pasal 310 dan Pasal 311.

"Setidaknya telah memenuhi dua unsur delik yang pertama Pasal 310 Ayat 1 dan Pasal 311 Ayat 1 KUHP, dengan sengaja merusak kehormatan orang lain, menuduh melakukan sesuatu perbuatan yang tuduhan itu telah tersiar. Kejahatan penistaan dengan tulisan, ini diancam hukuman empat tahun sesuai Pasal 311 Ayat 1." Demikian kata Hermawi Taslim.

Pasal 310 Ayat 1 menjelaskan bahwa, "Barang siapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal, yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum, diancam karena pencemaran dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling 
banyak empat ribu lima ratus rupiah."

Pada Pasal 310 Ayat 2 disebutkan:

Halaman
123
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Warta kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved