Target Raih Medali Olimpiade Sains Tingkat Kota, Siswa SMA Budi Murni 1 Dilatih Intensif

Program yang sekarang menjadi target kami adalah olimpiade sains yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Target Raih Medali Olimpiade Sains Tingkat Kota, Siswa SMA Budi Murni 1 Dilatih Intensif
int
Medali

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - SMA Katolik Budi Murni 1 (BM-1) Medan menargetkan mampu meraih medali pada ajang Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/kota untuk tahun 2018 ini sehingga siswanya bisa mewakili sekolahnya untuk mengikuti olimpiade sains tingkat provinsi Sumatera Utara.

Kepala SMA Katolik Budi Murni 1 Dra. Isti Bandarani yang ditemui Tribun Medan di ruang kerjanya mengatakan, olimpiade sains yang diselenggarakan oleh pemerintah tersebut, kini menjadi alat ukur serta barometer keberhasilan olimpiade bagi sekolah.

"Program yang sekarang menjadi target kami adalah olimpiade sains yang diselenggarakan oleh pemerintah, karena itu menjadi alat ukur serta barometer keberhasilan olimpiade sekolah yang nantinya sampai ke tingkat nasional," ujarnya Rabu (12/9/2018).

Isti juga menjelaskan bahwa pihaknya kini sedang mempersiapkan sejumlah siswanya untuk mengikuti olimpiade sains tingkat kota. Persiapan yang dilakukan, kata Isti dengan memberikan bimbingan dan pelatihan secara intensif kepada para siswa.

"Kelas X dan kelas XI diprioritaskan untuk ikut olimpiade tersebut. Jadi siswa dilatih oleh guru serta pembimbing dari luar sekolah yang memang biasa mempersiapkan siswa untuk ikut olimpiade secara nasional. Apalagi nanto menjelang hari H bisa hampir tiap hari dilakukan pelatihan," terangnya.

Lebih lanjut, Isti mengatakan, Selain mempersiapkan siswa-siswinya untuk mengikuti olimpiade sains tingkat kabupaten/kota dalam waktu dekat, siswa lainnya juga dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi olimpiade akademik yang dikelola oleh Musyarawah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) se-Don Bosco.

"Yang kami unggulkan itu matematika, fisika dan kimia, namun juga yang anak-anak yang tertarik di bidang IT ataupun jurusan IPS seperti bidang ekonomi, geografi, juga tetap kita dorong dan libatkan," sebutnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMA BM-1 (Wakasek 1) Tara Karo-Karo yang turut diwawancarai mengatakan untuk kompetisi olimpiade di luar olimpiade sains yang diselenggarakan pemerintah, SMA BM-1 sebenarnya sudah beberapa kali meraih medali. Selama tahun 2018, kata Tara, SMA BM-1 berhasil 7 medali perunggu dan 1 emas dari seluruh olimpiade yang diikuti.

Namun mulai dua tahun belakangan ini, sambungnya, pihaknya mulai fokus untuk mengikuti olimpiade sains kota (OSK) yang diselenggarakan oleh Dinas pendidikan. Nantinya bagi setiap siswa yang mampu meraih medali juga akan mendapatkan beasiswa dari Yayasan.

"Sasaran utama kita tahun ini targetnya meraih medali olimpiade sains tingkat kabupaten/kota. Setiap siswa yang dapat medali emas akan diberikan beasiswa 6 bulan uang sekolah dari yayasan, dan medali perak 4 bulan. Dari tahun ajaran awal ini kita sudah siapkan staf pengajar dan peserta Didik," tandasnya.

(cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved