Home »

Sumut

BKD Sumut Pastikan Belum Ada PNS Tersandung Kasus Korupsi yang Dipecat

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan secara global ada 2.357 ASN yang belum diberhentikan meskipun telah divonis bersalah

BKD Sumut Pastikan Belum Ada PNS Tersandung Kasus Korupsi yang Dipecat
Tribun Medan / Tommy Simatupang
Kepala Dinas Pariwisata Kota Siantar Fatimah Siregar satu dari 265 PNS berstatus koruptor saat ditemui di Balai Kota Siantar, Jumat (14/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumatera Utara memastikan sampai saat ini, belum ada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sumut yang tersandung kasus korupsi diberhentikan dari jabatan.

Sebelumnya, KPK melalui Unit Koordinasi dan Supervisi Pencegahan mendesak agar kepala daerah di Sumatera Utara segera memecat 298 ASN yang menjadi terpidana korupsi.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan secara global ada 2.357 ASN yang belum diberhentikan meskipun telah divonis bersalah melakukan korupsi.

Dari data BKN lanjut Febri, 5 daerah terbanyak yang terdapat ASN terpidana korupsi belum diberhentikan adalah, Sumatera Utara 298 orang, Jawa Barat 193 orang, Riau 190 orang, NTT 183 orang dan Papua 146 orang.

"Sedangkan khusus untuk pegawai ASN di tingkat Provinsi yang terbanyak ada di: Prov DKI sebanyak 52 orang dan Sumut 33 orang," kata Febri dalam siaran persnya, Jumat (14/9/2018).

CPNS 2018 Daftar di http://sscn.bkn.go.id, Pelamar Bisa Pilih 2 Formasi Jabatan? Ini Penjelasan BKN

 Inilah Penyebab Bayi Lahir Bermata Satu (Cyclopia) Menurut Para Ahli

Diinterupsi Saat Berbicara Gubernur Edy Rahmayadi Usir Emak-emak Pendemo, Ini Videonya

Desakan ini kata Febri berdasarkan Surat Edaran Mendagri pada 10 September 2018 pada seluruh kepala daerah tentang Penegakan Hukum terhadap ASN yang melakukan korupsi.

Kemudian Kamis, 13 September 2018 telah ditandatangani Keputusan Bersama Mendagri, Menpan RB dan Kepala BKN tentang Penegakan Hukum terhadap PNS yang telah dijatuhi hukuman.

Orangtua Syok Tahu Kondisi Bayinya Lahir Mata Satu dan Tanpa Hidung di Mandailing Natal

Masuk Dalam Daftar PNS Koruptor yang Akan Dipecat, Begini Tanggapan Kadis Pariwisata Kota Siantar

Menanggapi hal itu, Kepala BKD Sumut Kaiman Turnip mengatakan ASN yang sudah tersandung baik masuk dalam tindak pidana korupsi, baik tipikor maupun tindak pidana umum, akan langsung diberhentikan sementara dari jabatan, setelah diberhentikan dari jabatan PNS.

"PNS yang tersandung korupsi akan diberhentikan sementara dari jabatan, setelah diberhentikan dari PNS," kata Kaiman melalui sambungan telepon seluler, Jumat (14/9/2018).

TNI AL Amankan 150 Kilogram Sabusabu di Speedboat Asal Malaysia di Perairan Laut Suruwei Aceh

AKP Ginanjar Fitriadi jadi Kapolsek Patumbak, Polsek Medan Area Dipimpin Kompol Kristian Sianturi

Halaman
12
Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help