Keluarga Polisi Korban Terorisme Dapat Kompensasi Rp 610 Juta

Kompensasi yang diberikan sebesar Rp 610 juta berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

Keluarga Polisi Korban Terorisme Dapat Kompensasi Rp 610 Juta
Tribun Medan/Jefri Susetio
Rony Sigalingging meratap di peti jenazah, Ipda (Anumerta) Martua Sigalingging, ayahnya saat pemakaman, di Desa Sukaramai, Air Putih, Batubara, Selasa (27/6/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Sofyan Akbar

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) memberikan dana kompensasi dari negara kepada keluarga korban aksi terorisme, Ipda (anumerta) Martua Sigalingging.

Kompensasi yang diberikan sebesar Rp 610 juta berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

"Keluarga korban sudah mendapatkan kompensasi Rp 610 juta," kata Wakil Ketua LPSK, Lili Pintauli Siregar seusai acara penyerahan kompensasi kepada istri korban, Mianna Manalu di Mapolda Sumut, Jumat (14/9/2018).

Lili mengatakan LPSK juga memberikan layanan psikososial. Mereka memfasilitasi dan menjembatani permitaan keluarga kepada Pemerintah Kota Padangsidimpuan, agar anak-anak korban dibebaskan dari biaya pendidikan.

“Lalu, permintaan untuk menjadi anggota Polri, ini kan telah diberikan. Itu anaknya si James sedang menjalani pendidikan. Mengenai permintaan bantuan modal, Mianna sudah berdagang sebelum suaminya meninggal dunia. Karena itu, dia perlu pelatihan untuk mengembangkan usahanya,"kata Lili.

Sebelumnya, LPSK juga telah memfasilitasi saksi korban saat perkara terorisme itu disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Mereka menjemput dan membawa keluarga korban dari Kota Padang Sidempuan dan menghadirkannya ke ruang sidang dan memberikan keamanan sampai kembali ke rumahnya.

Pemberian kompensasi kepada keluarga korban ini merupakan amanat UU No 31 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU No 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban.

Bukan hanya terhadap korban tindak pidana terorisme, kompensasi ini juga berlaku pada korban tindak pidana umum lainnya.

Halaman
12
Penulis: Sofyan Akbar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved