Home »

Sumut

Komisi Pemilihan Umum Hapus 889 Data Ganda di DPT Kabupaten Langkat 

Ketua KPU Langkat membeberkan temuan data ganda Daftar Pemilih yang ada di Kabupaten Langkat. Ada 889 data ganda dihapus

Komisi Pemilihan Umum Hapus 889 Data Ganda di DPT Kabupaten Langkat 
Tribun Medan / Dedy Kurniawan
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat menggelar Rapat Pleno Terbuka rangka Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Pemilihan Umum Tahun 2019, digelar di Gedung PKK Stabat, Kabupaten Langkat. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, LANGKAT - Sejumlah daerah, termasuk Kabupaten Langkat ditemukan Daftar Pemilih Tetap ganda. Dari temuan ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat menggelar Rapat Pleno Terbuka rangka Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Pemilihan Umum Tahun 2019, yang digelar di Gedung PKK Stabat, Kabupaten Langkat.

Ketua KPU Langkat Agus Arifin, langsung memimpin Rapat Pleno Terbuka. Pleno dihadiri seluruh Komisioner KPU Langkat, perwakilan Partai-partai Politik (Parpol), Pangawas Pemilih Kecamatan, dan Bawaslu.

Ketua KPU Langkat membeberkan temuan data ganda Daftar Pemilih yang ada di Kabupaten Langkat. Ada 889 data ganda dihapus. Sehingga jumlah DPT Langkat berkurang, semula dari 712.842 menjadi 711.953. Data akhir ini disampaikan Agus Arifin kepada tribun-medan.com, Jumat (14/9/2018)

Awalnya, dari data yang diberikan oleh Bawaslu Langkat, juga Bawaslu RI melalui KPU RI dan juga Partai Politik yang ada di Langkat terkait dengan kegandaan menemukan 1.172 data ganda. Namun setelah diverifikasi bersama ada 889 data ganda.

"Hasil rapat pleno dengan sejumlah pihak ditentukan hasil DPTHP 711.953 semula 712.842, berarti ada berkurang 889 dan harus dihapus, ada karena meninggal dunia, di bawah umur, pindah domisili" ungkap Agus Arifin.

Bayi Bermata Satu dan Tanpa Hidung Lahir dan Hanya Hidup 8 Jam, Ini Kemungkinan Penyebabnya

Polisi Berpangkat Aiptu dan Bripka Terekam Sedang Pungli Seorang Ibu Rp 30 Ribu

CPNS 2018 Daftar di http://sscn.bkn.go.id, Pelamar Bisa Pilih 2 Formasi Jabatan? Ini Penjelasan BKN

Inilah Penyebab Bayi Lahir Bermata Satu (Cyclopia) Menurut Para Ahli

"Data itu sudah dilakukan pencermatan secara bersama antara KPU, Bawaslu, dan para Peserta Partai Politik yang ada di Kabupaten Langkat, serta sudah dilakukan penghapusan secara bersama, termasuk melakukan Verifikasi Faktual ke salah satu Kecamatan yang ada di Langkat terkait pemilih baru yang mengalami kegandaan," beber Agus Arifin.

Putri Kesayangan Kuliah di Luar Negeri, Miliarder India Beli Rumah, Sediakan Pelayan dan Bodyguard

Provinsi Sumut Sumbang Daftar PNS Terpidana Korupsi Terbanyak yang Belum Diberhentikan

Duta Rega Rolindo Simorangkir Kaget Dapat Emas Olimpiade Fisika Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan 

Tak Dibawa PSMS Medan ke Papua, Rachmad Hidayat Berharap Timnya Mampu Raup Poin Maksimal

Lanjut, Agus Arifin, ada juga beberapa pemilih yang dihapus terkait TMS atau meninggal dunia melalui Sidalih yang ditemukan oleh Bawaslu Langkat sejumlah 299. Tidak hanya itu, di hari terakhir Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Pemilihan Umum Tahun 2019, KPU Kabupaten Langkat sedikit mengalami kendala server sedikit lambat.

Dianggap Gagal Pimpin Indonesia, Presiden Joko Widodo Diminta Mundur Mahasiswa Muhammadiyah

TNI AL Amankan 150 Kilogram Sabusabu di Speedboat Asal Malaysia di Perairan Laut Suruwei Aceh

AKP Ginanjar Fitriadi jadi Kapolsek Patumbak, Polsek Medan Area Dipimpin Kompol Kristian Sianturi

Sukses di Perantauan, Jahipas Silalahi Ingin Perbaiki Sektor Pendidikan dan Kesehatan di Dairi

Akibat dari padatnya lalulintas yang masuk ke server, hingga Pukul 16.05 WIB, Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Pemilihan Umum Tahun 2019 sempat terlambat. KPU Kabupaten Langkat menskor Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Pemilihan Umum Tahun 2019, hingga Pukul 20.00 WIB. Dan hari ini DPTHP sudah rampung dan diserahkan ke pihak pusat.

KPUD Dairi Coret 1.472 Data Pemilih Ganda di 15 Kecamatan di Kabupaten Dairi

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help