Tari Melayu dan Tortor Sambut Api Obor Asian Para Games

Kemeriahan Kirab Obor Asian Para Games 2018 di Kota Medan akan disambut dengan tarian adat tortor Batak dan Melayu

Tari Melayu dan Tortor Sambut Api Obor Asian Para Games
Instagram/Asianpg2018
Api Obor Asian Para Games 2018. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kemeriahan Kirab Obor Asian Para Games 2018 di Kota Medan akan disambut dengan tarian adat tortor Batak dan Melayu.

"Kita akan tampilkan tarian persembahan yakni tari Melayu dan Tortor Batak Toba di acara puncak nantinya," kata Wakil Sekum National Paralympic Committee (NPC) Sumut, Suliadi di Kantor NPC Sumut, Kamis (13/9)

Selain tarian, kata Suliadi, api obor juga akan menunjukkan keunggulan destinasi yang ada di Kota Medan.

"Kalau pawai api obor pada Asian Games kita menunjukkan keindahan destinasi di Danau Toba, kalau kirab di Medan kita ingin tunjukkan destinasi di Medan seperti Istana Maimun, Masjid Raya, Tjong A Fie dan Lonsum," terangnya.

Baca: Kalah 14 Kali dari 21 Laga, PSMS Terancam Degradasi

Suliadi menginginkan kesuksesan Kirab Obor Asian Games dapat juga terjadi pada Kirab Obor Asian Para Games.

"Karena kita berkaca dari torch relay di Asian Games. Kita ingin sama suksesnya seperti itu. Karena ini masih pertama kali jadi perlu sosialisasi besar-besaran. Harapannya seluruh instansi mendukung penuh dan mengganti semua spanduk Asian Games dengan Asian Para Games," tegasnya.

Menurutnya, terpilihnya Sumut sebagai salah satu daerah yang disinggahi Api Obor Asian Para Games 2018 karena kontribusi besar yang dilakukan Sumut untuk Indonesia.

"Artinya karena kita juga salah satu provinsi yang memberikan kontribusi cukup banyak untuk Indonesia," tutupnya.

Untuk diketahui, pawai obor Asian Para Games 2018 Jakarta telah dimulai pada 5 September 2018 lalu di Mrapen, Jawa Tengah. Ada 8 kota dan 1 kabupaten yang disambangi pesta olahraga terbesar bagi atlet disabilitas (paralympian) di Asia tersebut. Salah satu diantaranya Medan menjadi kota ke-7 yang disambangi pada 23 September 2018 mendatang.

Suliadi mengatakan api obor akan diarak dengan dua cara yakni menggunakan kendaraan dan dibawa berlari.

Suliadi menjelaskan, rute-rute yang dilalui dengan kendaraan akan melewati Pendopo Kantor Wali Kota Medan menuju Jalan Raden Saleh dilanjutkan Jalan Imam Bonjol, lanjut ke Jalan Juanda dan terakhir di Jalan Brigjend Katamso.

Baca: Kelompok Suporter Resah Oknum Pengadu Domba

Untuk rute pawai obor dengan dibawa berlari akan dipusatkan pada Lapangan Merdeka, Medan.

"Kita mulai dari kantor Wali Kota Medan di Jalan Balaikota dan diarak menuju Simpang Jalan Taman Merdeka, lalu menuju bangunan London Sumatera dan terakhir dipusatkan di Lapangan Merdeka sebagai pintu utama," jelasnya.

Suliadi menambahkan akan ada 33 atlet NPC Sumut yang akan dipersiapkan untuk membawa api obor dimana tiga diantaranya adalah atlet berprestasi.

"Persiapan kita sudah maksimal. Ada 33 atlet sudah kita persiapkan. Tiga diantaranya yang sangat berprestasi yakni Nurmala (atletik), Zainul Lubis (atletik), dan Badar Johan Harahap (tenis meja). Mereka ini atlet kita yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional," pungkasnya.

Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help