Demi Hal Ini Kominfo Deliserdang Kerja Sama dengan Lembaga Sandi Negara

kerja sama yang akan dilakukan yakni terkait penyediaan infrastruktur teknologi informasi

Demi Hal Ini Kominfo Deliserdang Kerja Sama dengan Lembaga Sandi Negara
Tribun Medan/Indra
Kadis Kominfo Deliserdang, Haris Binar Ginting. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.com,LUBUKPAKAM-Pe merintah Kabupaten Deliserdang bersama Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia melaksanakan Penandatanganan kerja sama tentang pemanfaatan Sertifikasi Elektronik pada system Elektronik di Auditorium Roebiono Kertopati, Jakarta Jum,at, (14/9/2019). 

Penandatangan tersebut dilakukan oleh Kepala Balai Sertifikasi Elektronik BSSN Rinaldy dengan Kadis Kominfo Deliserdang, Haris Binar Ginting dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP), Jonas Damanik. 

Haris Binar Ginting menjelaskan, kerja sama yang akan dilakukan yakni terkait penyediaan infrastruktur teknologi informasi yang mendukung penerapan Sertifikat Elektronik pada layanan Pemerintah, penerbitan Sertifikat Elektronik, pemanfaatan Sertifikat Elektronik dalam system Elektronik Pemerintah serta peningkatan kompetensi SDM dalam pemanfaatan Sertifikat Elektronik.

Disebut kalau hal ini dilakukan untuk merespon perkembangan teknologi komunikasi dan informasi di era digital untuk mendukung layanan publik pemerintah yang berbasis keterbukaan, akuntabilitas, dan kecepatan.

"Sertifikat elektronik dibutuhkan untuk menjamin perlindungan ketersediaan, keutuhan, keotentikan, kerahasiaan, dan keteraksesan informasi elektronik dalam penyelenggaraan layanan publik online. Jadi diharapkan pemanfaatan sertifikat elektronik pada layanan pemerintah daerah tersebut dapat memberikan kemudahan akses dan kecepatan layanan,"ujar Haris Binar Ginting Minggu, (16/9/2019).

Penerapan sertifikat elektronik pada sistem elektronik pemerintahan, lanjut Haris telah diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik. Disebut dengan penandatangan kerja sama tersebut Deliserdang selangkah lebih maju, karena akan memudahkan pelayanan Publik, transparasi lebih efesien serta efektif.

"Inilah bukti bahwa Kabupaten Deliserdang dibawah kepemimpinan Bupati Ashari Tambunan dan Wabup Zainuddin Mars  sangat serius dalam program Smart City,"kata Haris Binar Ginting.

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Jonas Damanik sangat mengapresiasi perjanjian kerja sama tersebut karena dapat meningkatkan keamanan dokumen izin yang diterbitkan disamping itu akan mengurangi penggunaan kertas (paperless) sehingga turut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan karena mengurangi penggunaan kertas. 

"Karenanya Dinas PMPPTSP akan segera menerapkan tandatangan digital dalam penerbitan izin dan non izin dalam rangka pelaksanaan e-government dan untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat, "ucap Jonas Damanik.

Diketahui selain Kabupaten Deliserdang Penandatanganan kerja sama itu juga dilakukan dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Pemerintah Kota Kediri, Pemerintah Kabupaten Badung, Pemerintah Kabupaten Kudus, Pemerintah Kabupaten Tabalong, Pemerintah Kota Samarinda, dan Pemerintah Kota Padang.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved