Pileg 2019

Reaksi Jokowi Menyasar Putusan MA terkait Pembatalan PKPU Larangan Mantan Koruptor Jadi Caleg

MA telah memutuskan untuk membatalkan PKPU terkait larangan mantan napi kasus korupsi untuk jadi bacaleg

Reaksi Jokowi Menyasar Putusan MA terkait Pembatalan PKPU Larangan Mantan Koruptor Jadi Caleg
TribunWow.com/Claudia Noventa
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi atlet paralimpik bulu tangkis dan tenis meja di Hartono Trade Center, Solo Baru, Jawa Tengah, Sabtu (15/9/2018). (TribunWow.com/Claudia Noventa) 

"Itu keputusan yang memang harus dihormati dan itu wilayahnya judicial, di yudikatif. Kita tidak bisa intervensi,"

TRIBUN-MEDAN.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menghormati putusan Mahkamah Agung (MA) yang membatalkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terkait larangan mantan koruptor yang mencalonkan diri menjadi anggota Legislatif.

Dilansir TribunWow.com dari setkab.go.id, Sabtu (15/9/2018), Jokowi mengatakatan hal tersebut seusai meninjau pemusatan pelatihan nasional (pelatnas) Asian Para Games di Hartono Trade Center, Sukoharjo, Jawa Tengah.

"Itu keputusan yang memang harus dihormati dan itu wilayahnya judicial, di yudikatif. Kita tidak bisa intervensi," ujar Jokowi, pada Sabtu (15/9/2018).

Mahkamah Agung telah memutuskan untuk membatalkan PKPU terkait larangan mantan narapidana kasus korupsi untuk menjadi bakal calon anggota legislatif dalam Pemilu 2019, Kamis (13/9/2018).

Jokowi yakin bahwa masyarakat Indonesia sudah semakin matang dan dewasa dalam menentukan pilihan termasuk dalam memilih anggota legislatif.

Baik itu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat Kota/Kabupaten, DPRD tingkat Provinsi, maupun di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

"Semuanya pasti mengacu melihat rekam jejak, track record pasti dilihat, karakter pasti dilihat karena masyarakat semakin dewasa, semakin pintar melihat siapa yang harus dipilih," ungkap Jokowi.

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi atlet paralimpik bulu tangkis dan tenis meja di Hartono Trade Center, Solo Baru, Jawa Tengah, Sabtu (15/9/2018).
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi atlet paralimpik bulu tangkis dan tenis meja di Hartono Trade Center, Solo Baru, Jawa Tengah, Sabtu (15/9/2018). (TribunWow.com/Claudia Noventa)

Diberitakan sebelumnya, dikutip dari Kompas.com, pasal yang telah diuji materikan di MA merupakan pasal soal larangan bagi mantan narapidana kasus korupsi, mantan bandar narkoba dan eks narapidana kasus kejahatan seksual pada anak untuk maju menjadi calon legislatif.

Dalam putusannya, MA menyatakan bahwa larangan mantan narapidana kasus korupsi menjadi caleg bertentangan dengan UU Pemilu.

Halaman
123
Editor: Randy P.F Hutagaol
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved