Gubernur Sumut Lantik Wali Kota Padangsidempuan yang Baru di Bulan September 2018

Dari delapan kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2018, yang paling dekat akan dilantik wali kota dan wakil wali kota Padangsidempuan

Gubernur Sumut Lantik Wali Kota Padangsidempuan yang Baru di Bulan September 2018
Tribun Medan/Nanda
Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama Sekretariat Daerah Pemprov Sumut Basarin Yunus Tanjung di Pressroom Pemprov Sumut Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Senin (18/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Satia

TRIBUN MEDAN.com, MEDAN-Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padangsidempuan, Irsan Efendi Nasution dan Arwin Siregar tinggal menunggu surat keputusan dari Kementerian Dalam Negeri. Pelantikan Irsan dan Arwin akan dilakukan bulan ini sesuai masa akhir jabatan (AMJ) kepala daerah sebelumnya.

"Dari delapan kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak 2018 kemarin, yang paling dekat akan dilantik wali kota dan wakil wali kota Padangsidempuan. Kita sudah proses permohonan pelantikannya dan saat ini masih menunggu turunnya SK Kemendagri," kata Kepala Biro Otonomi Daerah Setdaprovsu, Basarin Yunus Tanjung, Rabu (19/9/2018).

Menurutnya, pelantikan akan dilakukan Gubernur Sumut Letnan Jenderal (Purn) TNI, Edy Rahmayadi yang dijadwalkan pada September ini. Basarin mengungkapkan, pelantikan ketujuh kepala daerah lainnya hasil Pilkada serentak 2018, akan disesuaikan dengan AMJ kepala daerah definitif.

"Waktu (pelantikan) memang tidak bisa bersamaan. Kan beda-beda AMJ mereka. Yang terdekat adalah Padangsidempuan," ujarnya.

Disebutkannya, Undang-undang mengatur masa jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah selama 5 tahun. Sehingga, tidak bisa diperpanjang atau dikurangi walau hanya sehari.

Paket Misterius Tang Li Asal Guangzhou China Mampir di Medan, Isinya Bikin Kaget

Pengumuman CPNS 2018 Terbaru Hari Ini, Pukul 13.00 WIB Link sscn.bkn.go.id Dibuka

Al Ghazali Tampak Linglung Usai Alami Kecelakaan, Ahmad Dhani Minta Didoakan

Live Streaming ILC TVOne: Ijtima Ulama II dan HRS Dukung Prabowo: Perebutan Suara Umat Islam

"Jadi pelantikannya menunggu masa jabatan mereka berakhir, ada yang sampai April 2019. Untuk Surat Keputusan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tinggal menunggu dari Kemendagri," imbuhnya lagi.

Dipaparkannya, adapun AMJ untuk bupati Padang Lawas Utara (Paluta) pada 27 November 2018, bupati Batubara 24 Desember 2018, Padang Lawas 10 Februari 2019, Bupati Langkat 20 Februari 2019, Deliserdang 14 April 2019, Tapanuli Utara 16 April 2019 dan bupati Dairi AMJ 24 April 2019.

Kapolres Samosir Imbau Pengusaha Kapal Penyeberangan Berkaca Pada Tragedi KM Sinar Bangun

Guru SMK Negeri 1 Sorkam yang Ditikam Siswanya Jalani Operasi di RSUD DR FL Tobing 

Kepala Dinas Pendidikan Serdangbedagai Bantah Anggotanya Lakukan Pungli

“Jadi yang bisa dilantik September ini wali kota-wakil wali kota Padangsidempuan. Untuk kepastian tanggalnya masih menunggu dari pusat karena prosesnya disana semua,” tuturnya seraya menambahkan semua usulan pelantikan delapan kepala daerah tersebut sudah pihaknya sampaikan ke Kemendagri.

Senada, Penjabat Wali Kota Padangsidempuan, Sarmadan Hasibuan mengakui bahwa pelantikan wali kota dan wakil wali kota terpilih hasil Pilkada serentak kemarin akan dilakukan September ini.

Ternyata Rambo Nekat Kabur dari Lapas Sialambue Padangsidempuan Karena Hal Ini

Polda Sumut Gelar Apel Operasi Mantap Brata Toba 2018 Ini Harapan Kapolda

Usir Warga Negaranya dari Hotel Stockholm, Cina Ajukan Pengaduan Diplomatik ke Pemerintah Swedia

"Iya, bulan ini juga (dilantik). Sekarang tinggal menunggu SK dari Kemendagri mengenai waktu dan teknis pelantikannya," ujarnya singkat.

(Cr19/Tribun-Medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved