Menikmati Wisata Alam Air Terjun Siringo

Desa Silalahi II, Kecamatan Silahisabungan, Dairi tak pernah habis menyimpan potensi wisata alam.

Menikmati Wisata Alam Air Terjun Siringo
Air Terjun Siringo, di Desa Silalahi II, Kecamatan Silahisabungan, Dairi, yang terdiri dari 7 tingkatan danmemiliki debit air yang cukup deras mulai sering dikunjungi wisatawan. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Desa Silalahi II, Kecamatan Silahisabungan, Dairi tak pernah habis menyimpan potensi wisata alam.

Salah satunya Air Terjun Siringo yang juga memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Air Terjun Siringo ini memiliki ketinggian tebing sekitar 150 meter dan debit air yang cukup deras. Jika ditelusuri sampai ke puncak bukit, terdapat tujuh tingkatan air terjun hingga ke bawah.

Adapun jarak tempuh Air Terjun Siringo dari jalan Desa Silalahi II berkisar 500 meter. Saat ini kondisi jalan menuju ke lokasi wisata air itu masih cukup terjal.

"Kondisi jalan menuju ke sana saat ini konsepnya masih seperti hiking, karena ada yang harus memakai tali untuk bisa naik ke atas," ungkap tokoh pemuda setempat, Bona Agustinus P Batu, Sabtu (22/9/2018).

Agar memudahkan wisatawan yang tak suka akan tantangan alam, maka dalam waktu dekat akan dikerjakan akses jalan yang tidak menguras tenaga untuk sampai ke Air Terjun Siringo.

"Akhir tahun ini, akan dibuat jalan melalui BUMDes di sini," sebut Bona.

Tak hanya bisa menikmati air dari air terjun yang telah dibendung hingga berbentuk kolam, lokasi air terjun tersebut juga sering digunakan wisatawan untuk mendirikan tenda.

Bahkan beberapa diantaranya sampai ada yang bermalam menikmati pemandangan air terjun dan Danau Toba. Sehingga tak salah bila wisata Air Terjun Siringo sering dijadikan lokasi berfoto bagi para pengunjung.

Selain itu, untuk memudahkan wisatawan, disekitar lokasi Air Terjun Siringo ini juga telah berdiri WC umum. Namun, para wisatawan diharapkan agar dapat secara bersama merawat fasilitas tersebut.

"Kalau kemari belum ada dikenakan tarif. Cuman itu, jaga diri dan barang masing-masing," ujar Bona.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved