Hati-hati Warga Tabagsel, BMKG Peringatkan Warga Cuaca Ekstrem Masih akan Terjadi Malam Ini

Hujan intensitas tinggi kategori sedang-lebat, angin kencang dan disertai petir diperkirakan akan melanda wilayah ini.

Hati-hati Warga Tabagsel, BMKG Peringatkan Warga Cuaca Ekstrem Masih akan Terjadi Malam Ini
TRIBUN MEDAN /Nanda F Batubara
Lisna Siregar (baju merah), korban banjir bandang yang melanda Sungai Batang Ayumi, Kelurahan Batunadua Julu, Kecamatan Padangsidmpuan Batunadua, Padangsidmpuan, Sabtu (22/9/2018) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Nanda F. Batubara

TRIBUN-MEDAN.com, PADANGSIDIMPUAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Medan memprediksi cuaca ekstrem masih akan melanda wilayah Sumut.

Termasuk wilayah Tapanuli Selatan dan sekitarnya. Seperti Mandailing Natal, Padangsidimpuan dan Padanglawas.

Oleh karena itu, BMKG memperingatkan warga untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Hujan intensitas tinggi kategori sedang-lebat, angin kencang dan disertai petir diperkirakan akan melanda wilayah ini.

"Update pukul 16.05 WIB, masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat dan petir serta angin kencang," kata Prakirawan BMKG Medan Budi Prasetyo melalui sambungan telepon, Minggu (23/8/2018).

Berdasarkan data BMKG Medan yang di-update Minggu (23/8/2018) pukul 16.05 WIB, curah hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang diperkirakan akan terjadi pada pukul 16.35 WIB di Langkat, Karo, Deliserdang, Medan, Dairi, Simalungun, Toba Samosir, Mandailing Natal dan Tapanuli Tengah.

Kondisi ini diperkirakan akan meluas ke wilayah Serdangbedagai, Asahan, Tanjungbalai, Labuhanbatu Utara, Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan, Tapanuli Utara, Padanglawas, Pematangsiantar, Samosir, Binjai, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat dan sekitarnya.

"Kalau dari pantauan satelit kita, pola awan diperkirakan akan meluas ke wilayah itu. Untuk itu kami imbau warga untuk mengantisipasi hujan deras pada malam nanti," ujar Budi.

Curah hujan yang deras melanda sebagian wilayah Sumut sejak beberapa hari lalu.

Bahkan, di Padangsidimpuan, hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan banjir yang merusak satu unit rumah di tepi sungai Batang Ayumi, Kelurahan Batunadua Julu, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Padangsidmpuan, pada Sabtu (22/8/2018).

Amatan Tribun Medan, hujan lebat mulai melanda Padangsidimpuan sejak Sabtu (22/8/2018) petang, sekitar pukul 18.30 WIB. Tak hanya lebat, hujan juga disertai angin kencang. Hujan di daerah ini mulai reda pada pukul 23.30 WIB

Hingga saat ini, belum ada laporan korban jiwa akibat cuaca ekstrem yang melanda wilayah Padangsidimpuan dan sekitarnya.

(nan/tribun-medan.com)

Penulis: Nanda Fahriza Batubara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved