Banyak Calo di Kantor Samsat, Kasatlantas: Itu Bukan Calo, Tapi Biro Jasa

Seorang wajib Pajak Fernando, yang ingin memperpanjang pajak STNK dikenakan biaya wajib Rp 600 ribu.

Banyak Calo di Kantor Samsat, Kasatlantas: Itu Bukan Calo, Tapi Biro Jasa
TRIBUN MEDAN/TOMMY SIMATUPANG
Warga melintas di Kantor Samsat Siantar, Senin (24/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Lingkungan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Siantar sering dipenuhi para calo untuk membantu warga untuk mengurus surat kendaraan.

Para calo yang membantu mematok harga untuk biaya pengurusan. Misalnya, Daud, ia sudah menjadi calo lebih dari 5 tahun.

Daud yang juga merangkap sebagai petugas parkir sering membantu warga untuk cek fisik kendaraan. Selain itu, ia juga dengan leluasa masuk ke loket-loket Samsat.

Seorang wajib Pajak Fernando, yang ingin memperpanjang pajak STNK dikenakan biaya wajib Rp 600 ribu. Lalu, karena melalui calo maka ditambah menjadi Rp 675 ribu. Urusan perpanjangan pajak STNK itu pun dijamin dapat selesai waktu satu jam.

"Kalau kita kan namanya membantu, kalau mau silakan, kalau gak mau juga gak papa. Pokonya semua saya urus sampai selesai," kata Daud saat ditemui di Gedung Samsat Siantar, Jalan Asahan, Senin (24/9/2018).

Menanggapi hal ini, Kasatlantas Polres Siantar AKP Hendro Wibowo membantah ada calo di Samsat. Katanya, yang membantu warga wajib pajak itu merupakan petugas Biro Jasa yang sudah bekerja sama dengan Samsat.

"Gak ada calo. Kita kan sudah bekerja sama dengan biro jasa. Itu petugas biro jasa,"katanya.

Ia pun tak mempermasalahkan kalau ada orang yang membantu pengurusan wajib pajak.

Setali tiga uang, KTU Samsat Abdul Shomad mengatakan hal serupa. Bahkan, Abdul terkesan membiarkan calo tersebut ada di sekitar tersebut.

Katanya, kehadiran calo itu dapat menjadi kosultator bagi wajib pajak. Saat disinggung kalau dengan calo tidak sesuai tarif yang telah ditentukan, Abdul mengatakan itu hal biasa.

"Kan biasa nambah (uang) melalui biro jasa yang ngurus. Biro jasa ini kan kalau misalnya wajib pajak tidak lengkap, bisa membantu," pungkasnya.

(tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved