Calon DPD RI Ini Masih Terima Hak Keuangan sebagai Anggota DPRD Deliserdang

Meski Tolopan sudah ditetapkan KPU Provinsi dalam DCT calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, namun ia masih menerima hak keuangan.

Calon DPD RI Ini Masih Terima Hak Keuangan sebagai Anggota DPRD Deliserdang
FB Tolopan Silitonga
Tolopan Silitonga

Laporan Wartawan Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.com,LUBUKPAKAM- Sekretaris DPRD Deliserdang, Rahmat membenarkan Tolopan Silitonga masih terdaftar sebagai anggota DPRD Deliserdang.

Meski Tolopan sudah ditetapkan KPU Provinsi sebagai Daftar Calon Tetap (DCT) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI namun ia masih berhak atas hak-hak keuangan dewan.

Disebut karena DPD bukan bagian dari Partai Politik maka dari itu Tolopan masih bisa duduk di kursi DPRD Deliserdang hingga akhir masa jabatan Oktober 2019.

"Karena DPD itu bukan Partai Politik makanya masih bisa dia (Tolopan). Ya seperti itu memang ketentuannya dan kita pun sudah konsultasikan masalah Tolopan ini sama KPU. Dan tetap bisa kata KPU. KPU hanya bilang yang bersangkutan harus mengundurkan diri dari kepengurusan Partai Politik dan memang Tolopan sudah mengundurkan dari Partai Golkar sebelum DCT,"ujar Rahmat Selasa, (9/10/2018).

Tolopan yang dikonfirmasi membenarkan kalau dirinya sudah mengundurkan diri dari kepengurusan partai Golkar. Disebut sebelumnya ia merupakan Wakil Ketua Bidang Tani dan Agrobisnis DPD Golkar Deliserdang. Ia menyebut untuk dapat ditetapkan sebagai DCT KPU ia pun sudah menunjukkan surat pengunduran kepengurusan.

"Ya sampai selesai 2019 saya masih bisa duduk di DPRD Deliserdang. Di Golkar pun enggak ada masalah saya maju untuk jadi DPD. Ya mohon doanya sajalah. Sebenarnya pun yang harus mundur kalau yang jadi pengurus sebagai Ketua, Bendahara dan Sekretaris. Sayakan di kepengurusan hanya wakil ketuanya. Tapi ya sudahlah sekarang saya sudah masuk DCT,"kata Tolopan yang mendapat nomor urut 37 di DCT DPD.

Nasib yang dialami Tolopan tergolong cukup baik dibanding dengan tiga anggota dewan lain yang juga ikut dalam Pemilu Legislatif. Sekretariat DPRD Deliserdang sudah menghentikan hak-hak keuangan tiga orang anggota DPRD Deliserdang yang sudah mengundurkan diri karena pindah partai untuk kembali mencalonkan diri di Pemilu Legislatif 2019. Adapun tiga orang yang dimaksud itu yakni Edison Nababan, Alfi Syahra dan Darbani Dalimunte. Sebelumnya mereka berasal dari Partai Hanura, PKB dan PAN. Saat ini ketiganya sudah masuk dalam Daftar Calon Tetap DPRD Deliserdang dari partai Perindo, Nasdem dan PBB.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved