Curah Hujan Tinggi, Waspada15 Kawasan di Dairi Ini Rawan Longsor

Bahagia Ginting menyebut kondisi alam di Kabupaten Dairi yang berupa perbukitan, membuat kawasan itu rawan terkena longsor.

Curah Hujan Tinggi, Waspada15 Kawasan di Dairi Ini Rawan Longsor
Instagram/rtmc.poldasumut
Ilustrasi: Longsor 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Tingginya intensitas curah hujan di Kabupaten Dairi dan sekitarnya dalam beberapa pekan terakhir membuat daerah penghasil kopi maupun durian itu rawan terkena bencana.

Kepala BPBD Dairi, Bahagia Ginting menyebut kondisi alam di Kabupaten Dairi yang berupa perbukitan, membuat kawasan itu rawan terkena longsor. Apalagi saat ini memasuki musim penghujan.

Kepala BPBD Dairi, Bahagia Ginting
Kepala BPBD Dairi, Bahagia Ginting (TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA)

"Kondisi saat ini dalam sebulan terakhir dan beberapa hari kedepan curah hujan sangat tinggi. Sehingga semua 15 kecamatan di Dairi rentan bencana longsor dengan skala kecil maupun sedang," kata Bahagia, Rabu (10/10/2018).

Lebih lanjut Bahagia mengatakan, hingga saat ini sudah beberapa desa yang berada diempat kecamatan di Kabupaten Dairi yang mengalami longsor.

Umumnya longsor yang terjadi berupa jatuhnya material tanah dan batu yang menutup badan jalan atau berupa amblasnya badan jalan.

Adapun wilayah yang mengalami longsor di Kecamatan Tanah Pinem yaitu Desa Mangan Moli, Desa Lau Njuhar, Desa Lau Njuhar 1, Desa Liang Njering dan Desa Alur Subur. Sedangkan di Kecamatan Siempat Nempu longsor terjadi di Desa Bakal Julu.

"Selain itu, longsor juga terjadi di Kecamatan Sidikalang yaitu Desa Blang Malum dan di Kecamatan Silahisabungan tepatnya diantara Simpang Lae Pondom menuju Desa Silalahi II," sebut Bahagia.

Sebagai langkah antisipasi, BPBD Dairi dalam waktu akan melayangkan surat kepada seluruh Camat berupa imbauan agar lebih tanggap ketika menghadapi bencana longsor dan lainnya.

"Kami akan buat surat kepada kecamatan yang akan dilayangkan berupa imbauan untuk lebih siap dalam menghadapi bencana akibat cuaca buruk," pungkasnya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved